Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Pemain Naturalisasi Penuhi Skuat Persib, Ini Kata Pelatih

Jumat 28 Feb 2020 08:49 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Persib memiliki empat pemain asing dan empat pemain naturalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung akan memulai kompetisi Liga 1 2020 dengan menghadapi Persela Lamongan. Kedua tim akan bertemu di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Ahad (1/3). 

Baca Juga

Persib saat ini diperkuat 26 pemain untuk mengarungi kompetisi. Namun delapan pemain di antaranya tak sepenuhnya berdarah Indonesia. Persib memiliki empat pemain asing dan empat pemain naturalisasi. 

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengakui Persib memiliki banyak pemain naturalisasi. Namun, ia berdalih mereka tetap harus bersaing selayaknya pemain lokal lainnya. 

"Tentu bagus mempunyai pemain naturalisasi dan jika melihat Kim sebagai contoh, bagi saya dia lebih seperti pemain lokal," kata Robert di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Kamis (27/2). 

Empat pemain naturalisasi tersebut adalah Kim Kurniawan, Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame dan Esteban Vizcarra. Robert menyebut keempatnya dia nilai sebagai pemain lokal. 

"Fabiano juga bagi saya pada prinsipnya seperti pemain lokal karena sudah lama berada di sini. Dia juga tidak bermain selama satu musim di musim lalu," kata Robert. 

Fabiano menjadi pemain naturalisasi terakhir yang bergabung bersama Persib. Diperkenalkan musim 2019, Fabiano baru bisa bermain di kompetisi resmi pada musim ini karena baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya. 

"Normalnya pemain dengan usia seperti Fabiano akan kesulitan, tapi ia masih mendapat tempat dan kesempatan dari klub untuk bermain. Kami juga harus memberi apresiasi terhadap kesetiannya kepada Persib dan juga Bobotoh, dia pantas mendapatkan itu," kata Robert. 

Hal serupa juga terjadi pada dua pemain lainnya, Vizcarra dan Victor. Vizcarra merupakan pemain asing yang telah berganti kewarganegaraan dan memiliki istri orang Indonesia. Victor bahkan telah berkecimpung di dunia sepak bola nasional sejak 2005 silam di mana umurnya saat itu baru menginjak 19 tahun. 

"Esteban juga sebelumnya sudah menjadi pemain naturalisasi, Victor juga, jadi saya tidak melihat masalah besar terkait naturalisasi ini," kata Robert. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA