Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Rossi Bidik Podium di GP Inggris

Jumat 24 Aug 2018 10:35 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Israr Itah

Valentino Rossi

Valentino Rossi

Foto: EPA-EFE/EDDY LEMAISTRE
The Doctor menyimpan harapan besar di tengah terpuruknya Yamaha.

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi membidik podium di GP Inggris yang akan digelar akhir pekan ini di Sirkuit Silverstone. The Doctor menyimpan harapan besar di tengah terpuruknya Yamaha sepanjang dua tahun terakhir.

Rossi yakin ia lebih kompetitif, meski tertinggal jauh 59 angka di belakang Marc Marquez. Sirkuit Silverstone menyimpan kenangan indah karena salah satu favorit Yamaha.

"Secara catatan, kami kuat di Silverstone," katanya, dilansir dari Speedweek, Jumat (24/8).

Ia menyebut Silverstone trek hebat penuh sejarah. Beberapa tahun terakhir, Rossi selalu menjalani balapan bagus di sini, termasuk tahun lalu. Ia senang akan berlaga di Silverstone, terebih didukung sepeda motor yang baik.

photo

Valentino Rossi

Pembalap Italia ini berharap GP Inggris berlangsung dengan lintasan kering. Ini karena performa Yamaha sangat buruk untuk balapan basah.

"Pada masa lalu, hujan selalu menguji performa pembalap-pembalap MotoGP. Dalam beberapa tahun terakhir, nyaris tidak ada nama-nama khusus yang jago di balapan basah. Tidak ada lagi spesialis balapan basah, termasuk saya," kata Rossi.

Rossi baru-baru ini menyatakan ia merasa lebih kuat dari sebelumnya. Dia selalu menganalisis latihan-latihan yang dijalani, dan memperbaikinya setiap musim.

Tahun lalu Rossi sempat mengalami patah tulang kaki sebelum GP Misano. Namun, Rossi bisa kembali dengan cepat ke lintasan dan menjajal GP Aragon meski tidak 100 persen.

"Saya merasa lebih baik tahun ini," ujarnya.

Zarco ingin balapan basah

Saat Rossi ingin bapalan kering, pembalap Tech-3 Yamaha Johann Zarco berharap lintasa Silverstone akan basah saat race nanti. Dia mengaku lebih kuat saat hujan dibanding kering.

"Saya senang berada di Silverstone karena sirkuit ini bersejarah. Saya suka tata letaknya. Adapun cuaca, sepertinya akan hujan. Ini akan memberi saya kesempatan kembali ke podium," ujarnya.

photo

Johann Zarco di atas Yamahanya.

Pembalap Prancis ini mengaku tak pernah bermasalah dengan balapan basah. Seluruh motor pembalap menjadi seimbang dan bergantung kemampuan masing-masing pembalap dalam menggunakan kemampuannya.

Ia menegaskan keinginan kembali naik podium. Jika bisa melakukannya, Zarco akan mencetak banyak angka untuk tim. 

"Saya sempat memimpin sejauh ini, namun di beberapa  balapan terakhir Danilo Petrucci menyusul saya di klasemen," katanya.

Sirkuit Silverstone baru saja diperbaharui aspalnya. Michelin juga menyediakan jenis ban keempat untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA