Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Khabib akan Beri McGregor Kesempatan Kedua

Rabu 28 Nov 2018 06:51 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Khabib Nurmagomedov memiting Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

Khabib Nurmagomedov memiting Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

Foto: Stephen R. Sylvanie-USA TODAY/Reuters
Pertarungan Khabib vs McGregor tidak harus kembali dilakukan di oktagon.

REPUBLIKA.CO.ID, NEVADA -- Khabib Nurmagomedov akhirnya membuka pintu tarung ulang untuk kompetitornya di ajang Ultimate Fighting Championship (UFC), Conor McGregor. Khabib yang sebelumnya mampu menundukkan McGregor pada laga UFC 229 bulan Oktober silam menilai sang lawan layak diberikan kesempatan.

"Siapa saya ini sampai tidak mau memberikan kesempatan kedua kepada orang lain, padahal Yang Kuasa pun Maha memaafkan," kata Khabib di Moskow, Rusia, dikutip dari ESPN, kemarin.

Petarung gaya bebas asal Dagestan, Rusia ini mengatakan, sebenarnya kini hasrat terbesar dia adalah bertarung melawan petinju tak terkalahkan asal Amerika Serikat (AS), Floyd Mayweather Jr. Menurut Khabib, dari segi apapun, duel melawan petinju yang punya rekor 50 menang tanpa terkalahkan itu jauh lebih menarik.

"Untuk sebuah kehormatan, bayaran, dan nilai olahraga, saya pikir laga melawan Mayweather akan jauh lebih menantang," kata Khabib.

Namun, sosok yang tak sungkan menunjukkan identitas sebagai muslim di Eropa ini menegaskan, laga ulang melawan McGregor juga bisa jadi pilihan. Hanya, Khabib masih belum mau mengumbar rencana kapan ia akan beraksi.

Khabib mengatakan, keputusan dari Komisi Atlet Nevada, AS perlu dinantikan. Keputusan ini berkaitan dengan kariernya. Khabib saat ini sedang terancam sanksi pascakeributan yang terjadi seusai pertarungan melawan McGregor.

"Biarkan Komisi Atlet menyelesaikan pekerjaannya dulu baru kita bicarakan lagi semua rencana yang ada," ujar pemegang sabuk juara kelas ringan UFC ini.

Presiden UFC, Dana White mengomentari kans dari terjadinya pertarungan ulang antara Khabib dan McGregor. White mengaku belum mengambil rencana apa-apa terkait kemungkinan tarung ulang. "Saya bahkan tidak memikirkannya, sebelum apa yang terjadi di Nevada bisa diselesaikan," kata White kepada ESPN.

White mengakui, pertarungan Khabib vs McGregor layak untuk kembali terulang. Menurut White, segalanya berjalan luar biasa terkait laga di Las Vegas, AS itu. Mulai dari pra hingga pasca, semua orang membicarakan pertarungan tersebut.

"Kita harus mengakui, kita semua harus melihat pertarungan keduanya sebagai hal yang hebat. Memecahkan banyak rekor, duel seru, kemenangan Khabib yang luar biasa," kata White.

Namun, dia menegaskan, saat ini lebih baik Khabib dan McGregor menjajal kekuatan petarung UFC lainnya terlebih dahulu sebelum kembali bertemu di oktagon. Menurut White, banyak petarung UFC lain yang antre ingin mengahadapi Khabib.

"Tony Ferguson dan Dusti Poirier masih menanti Khabib. Demikian juga McGregor yang banyak ditunggu petarung lain," kata White.

Ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov punya pemikiran lain. Abdulmanap mengaku sangat antuasias dengan wacana rematch Khabib melawan McGregor. Namun, dia menilai pertarungan Khaib melawan McGregor tidak harus kembali dilakukan di arena tarung bebas.

 

photo

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) saat berbincang dengan petarung bebas Khabib Nurmagomedov (kanan) dan pelatih sekaligus ayah dari Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov (tengah) di Ulyanovsk, Rusia, beberapa waktu lalu.

"Saya pikir akan lebih menarik jika pertarungan keduanya dihelat dengan aturan tinju dan dilakukan di ring tinju," kata Abdulamanap.

Dia mengatakan, Khabib dan the Notorious sama-sama punya dasar untuk bertarung di ring tinju. McGregor, kata dia, sudah jelas punya pengalaman baku hantam di gelanggang tinju ketika menghadapi Mayweather tahun lalu. Meski kalah TKO, McGregor mampu menekan Mayweather di beberapa ronde.

"Khabib juga punya kemampuan hebat di ring tinju. Dia punya segalanya untuk bisa menang dengan aturan tinju. Jadi saya yakin, melawan McGregor di ring tinju akan jadi pertarungan yang hebat," kata Abdulmanap.

Sebelumnya, McGregor melayangkan keinginan terbuka untuk bisa kembali menghadapi Khabib. Petarung asal Republik Irlandia ini sangat penasaran dengan kekalahan yang menimpanya pada ronde keempat ketika menghadapi Khabib. Kala itu, McGregor harus mengakui kedahsyatan Khabib setelah terus menerus ditekan. Hingga akhirnya, McGregor menyerah setelah kuncian leher yang dilakukan oleh Khabib mutlak membekapnya.

"Saya sudan melakukan analisis atas kekalahan saya, jadi saya mengambil kesimpulan saya berhak mendapatkan tarung ulang," kata McGregor.

 

photo

Khabib Nurmagomedov membanting Conor McGregor pada laga UFC 229 di Las Vegas, Sabtu (8/10) waktu setempat.

Petarung berusia 31 tahun ini mengatakan, Khabib memang layak diacungi jempol sebagai pegulat hebat. McGregor mengaku kelimpungan setiap Khabib mengeluarkan jurus gulat yang merupakan andalan petarung berjuluk the Eagle itu.

Namun, McGregor merasa percaya diri jika pertarungan dilakukan dengan jual beli pukulan. Untuk itulah, McGregor ingin kembali melawan Khabib dengan kekuatan pukulan yang ia miliki. "Saya memang kewalahan ketika menghadapi Khabib di bawah, gulatnya luar biasa, tapi untuk pertarungan atas, saya pikir saya menguasai keadaan," tegas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA