Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Kevin/ Marcus Terbaik 2018, PBSI: Pertahankan Momentum

Selasa 11 Dec 2018 23:22 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Pebulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi berfoto bersama usai prosesi penyerahan medali pertandingan final cabang bulu tangkis nomor ganda putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).

Pebulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya dan Marcus Fernaldi berfoto bersama usai prosesi penyerahan medali pertandingan final cabang bulu tangkis nomor ganda putra Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Duo Minions tak boleh cepat puas karena masih perlu banyak belajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ganda putra asal Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/ Marcus Fernaldi Gideon baru saja dinobatkan sebagai Pemain Putra Terbaik 2018 dalam penghargaan Federasi Bulu Tangkis Dunia alias BWF, Senin (10/12). Ganda putra yang kerap dijuluki Duo Minions ini sukses mengalahkan dua pesaing berat dalam kategori pemain putra terbaik yakni, ganda campuran Cina Zheng Siwei yang merupakan pasangan Huang Yaqiong dan atlet tunggal putra asal Jepang Kento Momota.

"Puji syukur mereka (Kevin/ Marcus) kembali membawa harum nama Indonesia," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti kepada Republika.co.id, Selasa (11/12).

Menurut wanita berusia 47 tahun ini, langkah Marcus/Kevin bukanlah hal yang mudah di tengah-tengah ketatnya persaingan dunia. Tentu, butuh ketekunan dan tekad besar selama berlatih untuk bisa meraih penghargaan itu dua kali beruntun.

"Meski kami (Indonesia) dominan pada ganda putra tapi tetap saja dibutuhkan perjuangan yang besar untuk bisa bersaing dengan pebulu tangkis dari negara lain," sambung peraih medali emas tunggal putri Olimpiade Barcelona 1992 ini.

Rasa lapar Duo Minions masih membuncah. Sebelumnya, pada acara gala dinner BWF World Tour Finals 2018 di Guangzhou, Cina, Marcus mengakui penampilannya masih harus diperbaiki dan bisa lebih berprestasi pada turnamen-turnamen berikutnya.

Hal itu ditanggapi oleh Susy. Istri Alan Budikusuma ini mengatakan, Duo Minions tak boleh cepat puas karena masih perlu banyak belajar dan berkaca pada senior-seniornya di dunia bulu tangkis Indonesia. "Kini tujuan mereka mendapatkan apa yang belum pernah didapat di kejuaraan dunia, Olimpiade. Mereka bisa belajar dari pasangan Candra Wijaya/Tony Gunawan serta Ricky/Rexy," jelas Susy.

Sementara itu, Rexy Mainaky yang merupakan mantan atlet ganda putra era 1990-an berharap, Duo Minions bisa menjaga momentum ini agar tampil lebih baik di turnamen bergengsi ke depannya.

"Mereka punya kesempatan, momen tepat untuk terus membuktikan diri sebagai yang terbaik. Saya rasa tantangan ke depan ya Olimpiade Tokyo 2020. Tentu mereka harus menjaga kondisi dengan sangat baik," jelas pria kelahiran Ternate.

Adapun gelar pemain putra terbaik 2018 memang pantas disandingkan kepada Kevin/ Marcus. Pasalnya, pasangan ini telah mempersembahkan delapan gelar BWF World Tour dan menyabet medali emas pada Asian Games 2018 kemarin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA