Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Bottas Start Terdepan di GP Azerbaijan

Sabtu 27 Apr 2019 23:30 WIB

Red: Israr Itah

Pembalap Formula Satu Finlandia Valtteri Bottas dari Mercedes AMG GP

Pembalap Formula Satu Finlandia Valtteri Bottas dari Mercedes AMG GP

Foto: EPA-EFE/Diego Azubel
Bottas meraih pole position setelah mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Valtteri Bottas akan menempati posisi start terdepan pada GP Azerbaijan di Baku, Ahad (28/4). Bottas meraih pole position setelah mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu (27/4).

Bottas mengemas catatan waktu 1 menit, 40,495 detik, membuatnya unggul 0,059 dari rekan setim dan pemimpin klasemen sementara Formula Satu (F1) Lewis Hamilton. Ini membuat dua pembalap Mercedes mengisi tempat start 1-2. Pembalap Ferrari Sebastian Vettel ada di posisi ketiga, terpaut 0,302 detik dari catatan waktu Bottas. Bottas juga tertolong kecelakaan yang menimpa Charles Leclerc. 

Baca Juga

"Saya mendapat kesempatan menyelip yang bagus di lap terakhir," kata Bottas, dikutip AP. "Ini semua tentang detail-detail bagus dan saya berhasil."

Itu adalah pole kedua berturut-turut Bottas dan yang ketiga kalinya dalam empat balapan Mercedes yang telah mengunci barisan depan.

Leclerc menjadi yang tercepat di ketiga sesi latihan tetapi menabrakkan Ferrari-nya dan berada di urutan ke-10.

"Saya bodoh, saya bodoh, saya bodoh," katanya melalui radio tim.

Musim kembalinya Robert Kubica yang bermasalah untuk Williams berlanjut ketika ia lolos kualifikasi terakhir dan jatuh di tempat yang sama dengan Leclerc, bagian sempit di tembok kota tua. Kedua insiden itu menyebabkan penundaan yang lama untuk perbaikan penghalang.

Kualifikasi dijadwalkan selama satu jam tetapi memakan waktu hampir dua. Balapan selesai hanya di bawah 40 menit sebelum matahari terbenam ketika trek mendingin dengan cepat dan sorotan matahari terbenam mempesona pengemudi di beberapa tempat.

"Sulit menemukan keseimbangan yang tepat," kata Vettel. "Mobil menjadi sangat sulit dikendarai."

Pembalap Red Bull Pierre Gasly akan memulai balapan Ahad dari pit lane setelah ia gagal berhenti karena menimbang ketika diminta melakukannya, Jumat. Gasly meraih waktu tercepat pada sesi pertama kualifikasi.

Pembalap Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi, lolos ke urutan delapan tetapi memiliki penalti 10 tempat karena mengubah elektronik mesinnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA