Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Tim Basket UGM Kandaskan Perlawanan Tim Porprov Tuban

Rabu 19 Jun 2019 20:16 WIB

Red: Fernan Rahadi

Laga persahabatan antara Tim Basket Putra UGM melawan Tim Basket Putra Porprov Tuban, Rabu (19/6) sore WIB.

Laga persahabatan antara Tim Basket Putra UGM melawan Tim Basket Putra Porprov Tuban, Rabu (19/6) sore WIB.

Foto: Republika/Fernan Rahadi
Tim Basket Putra UGM sedang bersiap menghadapi kompetisi LIMA.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA --  Tim Basket Putra Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengalahkan Tim Basket Putra Porprov Tuban dalam laga persahabatan yang digelar di GOR Victory, Yogyakarta, Rabu (19/6). Pada laga tersebut Daffa Akbar dan kawan-kawan menang dengan angka 89-74.

Pada laga yang berlangsung selama enam kuarter tersebut, tim Tuban sempat menahan imbang UGM pada 30 menit perdana dengan skor 26-26. Pada empat kuarter berikutnya, UGM mulai mengungguli permainan Tuban. Laga pada 30 menit berikutnya pun ditutup UGM dengan angka 56-49.

Sempat diwarnai sejumlah pemain yang mengalami cedera, UGM tetap tampil perkasa. Hal itu terlihat dari kewalahannya tim Tuban menembus pertahanan UGM. Laga pun ditutup dengan kemenangan telak UGM dengan angka 89-74

Meskipun timnya memetik kemenangan, pelatih Basket UGM, Alfa Hari Kusumanegara, mengaku kurang puas. Menurut Alfa, permainan timnya kurang berkembang pada laga tersebut. "Ada beberapa faktor. Pertama, mereka kelelahan karena ujian. Kedua, karena faktor lapangan licin," ujar alumnus Teknik Pertanian UGM itu kepada Republika usai laga.

Meskipun demikian, Alfa mengakui performa timnya lebih baik dari tim lawan pada laga sore itu. Hal itu tercermin dari persentase memasukkan bola timnya yang lebih tinggi daripada tim lawan pada laga tersebut. Selain itu, tim UGM juga memakai strategi yang jitu dengan banyak melakukan pressing pada paruh kedua yang menyebabkan tim lawan sering membuat kesalahan sendiri.

Usai laga kemarin, tim basket putra UGM akan melakukan tujuh kali latih tanding lagi sebelum menyongsong kompetisi Liga Mahasiswa (LIMA) yang akan digelar 9-17 Juli mendatang di Semarang. "Sabtu (22/6) besok kami akan melakukan uji coba melawan tim Pra-PON DIY," kata Alfa.

Pada kompetisi LIMA nanti, UGM di antaranya akan menghadapi persaingan dengan sejumlah tim kuat seperti Atmajaya, UNY, UKDW, USM Semarang, Undip, Binus, dan UKSW. "Menghadapi kompetisi nanti kami perlu memantapkan strategi dengan melatih sejumlah detail-detail yang masih seringkali salah," kata Alfa.

Alfa optimistis, timnya bisa tampil full team pada kompetisi nanti. "Terdapat sejumlah pemain cedera, namun alhamdulillah tidak serius," katanya.

Sementara itu, pelatih tim basket Porprov Tuban, Destiawan, memuji performa tim basket putra UGM yang diakuinya lebih baik dari timnya. Meskipun demikian ia memuji performa anak-anak asuhnya yang tampil percaya diri melawan UGM. "Terdapat peningkatan signifikan dibandingkan laga-laga sebelumnya. Mungkin karena lawan tadi lebih kuat, jadi mereka tampil lebih serius," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA