Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Ini Dia Selebrasi Unik Pesepak Bola Dunia

Kamis 03 Jan 2019 17:35 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Foto: EPA-EFE/Stefano Lancia
Tak sedikit juga gaya selebrasi gol itu menjadi viral dan ditiru banyak anak muda.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selebrasi gol merupakan salah satu adegan yang paling dinantikan pemain sepak bola dan para penggemarnya. Nyaris tidak ada pemain yang tidak mau merayakan gol.

Apalagi gol itu menentukan hasil pertandingan. Dan tidak sedikit juga gaya selebrasi gol itu menjadi viral dan ditiru banyak anak muda di berbagai belahan dunia.

Biasanya pesepak bola melakukan selebrasi dengan gaya-gaya yang mencirikan keaslian, gaya tokoh yang disukai, atau penyampaian pesan penting tentang keluarga dan negaranya. Tentu masih ada banyak lagi faktor seorang pemain bola menampilkan selebrasi.

Berikut Republika.co.id, awal pekan ini mencatat lima selebrasi sensasional pemain sepak bola dunia.

'Only Me' Cristiano Ronaldo

Pemain terbaik dunia lima kali ini punya selebrasi gol yang khas. Gaya CR7 merayakan gol menjadi berkesan buat penikmat sepak bola karena kuantitas gol Ronaldo setiap tahun sangat tinggi. Pria yang kini membela Juventus itu mampu mencetak rata-rata 50 gol dalam semusim.

Gaya selebrasi gol Ronaldo ialah berlari ke salah satu pojok lapangan sambil memutar-mutar tangan kanannya mengikuti lingkaran telinga. Setelah itu dia akan melompat sambil membalikkan badan dengan mengayunkan kedua tangan yang dikepal.

Pada suatu pertandingan di Liga Champions musim 2013-2014 lalu, pelatih Madrid kala itu Carlo Ancelotti sampai menirukan gaya selebrasi Ronaldo saking girangnya dengan gol anak buahnya itu.

Selebrasi seperti itu masih dipertahankan Ronaldo ketika musim ini pindah ke Juventus. Beberapa pegiat media sosial menamai selebrasi Ronaldo itu menyiratkan makna 'only me'. Artinya Ronaldo memberikan pesan dirinya adalah aktor yang selalu menjadi penentu hasil akhir pertandingan.

'Tarian' Daniel Sturridge

Pemain Liverpool ini juga memiliki selebrasi gol yang berbeda dari pemain biasanya. Pemain asli Inggris ini otomatis menari di tempat terakhir dia berdiri usai mencetak gol.

Terkadang ia menari sendiri tanpa peduli lagi menghadap kepada siapa. Terkadang mantan pemain Chelsea dan Manchester City itu juga sengaja lari dulu ke arah penonton untuk memeragakan kemampuannya menari. Tarian khas Sturridge ialah meliuk-liukan kedua tangan yang ia rentangkan sama panjang. Tubuhnya pun mengikuti alunan irama yang datang dari kedua tangannya itu.

Tarian ini tidak hanya dilakukan Sturridge di lapangan. Di luar lapangan ia juga kerap merekam video dirinya menari dengan teman-temannya. Ada juga sebuah video Sturridge mengajarkan tariannya itu kepada anak-anak sekolah dasar di Inggris.

'Backflip' Luis Nani

Pemain Portugal ini memang tidak sepopuler Cristiano Ronaldo. Nani bermain delapan musim buat Manchester United. Setelah itu ia pindah-pindah klub dari Fenerbahce, Valencia, SS Lazio, dan sekarang kembali ke klub lamanya Sporting Lisbon.

Tapi pemain yang sudah berusia 32 tahun itu punya gaya selebrasi yang unik. Nani punya kemampuan salto. Selebrasi Nani ini dinamai dengan gaya backflip. Dia akan berlari kencang ke salah satu sudut lapangan dan kemudian salto dua sampai tiga kali.

Setelah itu biasanya Nani akan dikerubuti kawan-kawannya untuk memberi ucapan selamat. Selebrasi backflip ini bukan hanya dimainkan Nani. Dulu striker yang pernah membela Inter Milan dan Newcastle United Obafemi Martins juga selalu memeragakan gaya backflip.

'Pamer Otot' Balotelli dan Ibrahimovic

Mario Balotelli dan Zlatan Ibrahimvic punya gaya selebrasi gol yang nyaris sama. Balotelli biasanya akan jadi patung sesaat sambil mengepalkan kedua tangan dan disenderkan di pinggang. Saat itu, ia mencoba mengeluarkan bentuk-bentuk otot dalam tubuhnya sambil menatap tajam ke salah satu sisi.
Sementara Ibrahimovic juga akan langsung berdiri kokoh. Tapi ia membuka lapangannya lebar-lebar sambil berteriak ke arah penonton. Saat itu pula otot-otot di pergelangan tangan Ibra akan terlihat.

'Dap King' Paul Pogba

Pogba boleh dibilang pemain yang tidak hanya terkenal karena skill mumpuninya dalam mengolah sik ulit bundar. Ia juga memiliki gaya-gaya unik yang kemudian menjadi viral di media sosial dan media massa. Gaya khas Pogba ialah 'Dap King'. Yaitu ia menari seperti mengiringi alunan musik rap. Ia menyorongkan kedua tangannya ke atas ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Demam selebrasil Pogba ini sampai ke Indonesia. Sangat sering kita ditemukan saat foto bersama. Bahkan kalangan tua pun sering berfoto dengan gaya Pogba.

'Topeng' Dybala

Pemain Juventus ini juga punya selebrasi yang viral. Setiap kali sukses menjebol gawang lawan, Dybala akan berlari sambil menutup setengah wajahnya dengan satu tangan. Jari tengah, jari manis, dan kelingking akan ditutup. Telunjuk dan jempolnya terbuka seperti menjadi bingkai setengah topengnya itu. Walau simpel, tapi selebrasi Dybala ini juga viral di dunia. Anak-anak muda Indonesia sering mengunggah foto dengan gaya Dybala.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA