Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Bantal Pesawat yang Ditumpangi Sala Ditemukan

Kamis 31 Jan 2019 09:58 WIB

Red: Israr Itah

Emiliano Sala

Emiliano Sala

Foto: AP/David Vincent
Akan dilakukan pencarian bawah laut sesegera mungkin berdasarkan temuan itu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para penyelidik pencarian pesawat hilang yang membawa pesepak bola Emiliano Sala menyatakan telah menemukan dua bantal kursi di pantai Prancis. Bantal ini kemungkinan bagian pesawat kecil yang ditumpangi penyerang Cardiff City tersebut. Menurut laporan Reuters, yang dikutip Kamis (31/1), akan dilakukan pencarian bawah laut sesegera mungkin berdasarkan temuan itu.

Badan Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) Inggris mengatakan telah mendapat kabar pada Senin bahwa bagian dari bantalan kursi pesawat telah ditemukan di pantai dekat Surtainville, Semenanjung Cotentin, Prancis utara. Sedangkan bantal kedua ditemukan di daerah yang sama tidak lama kemudian di hari yang sama.

"Dari pemeriksaan pendahuluan, kami menyimpulkan ada kemungkinan bantal tersebut berasal dari pesawat yang hilang," kata AAIB dalam sebuah pernyataan.

Penyelidik mengatakan mereka sekarang berencana untuk meluncurkan pencarian dasar laut untuk menemukan pesawat. Akibat kondisi cuaca, pencarian akan dimulai pada akhir pekan ini dan memakan waktu hingga tiga hari.

"Berdasarkan penilaian rinci dari jalur penerbangan dan posisi radar terakhir yang diketahui, kami sekarang mengidentifikasi area pencarian prioritas sekitar empat mil laut persegi," kata mereka.

Wahana pencari bawah air (ROV) akan digunakan untuk memeriksa secara visual setiap bagian pesawat yang kemungkinan ditemukan. Operasi yang didanai secara pribadi juga akan dilakukan untuk mencari puing-puing pada Ahad.

Pesawat Piper Malibu berkapasitas lima orang yang ditumpangi Sala hilang saat dalam perjalanan dari Nantes, Prancis barat ke Cardiff City. Pesawat yang dipiloti David Ibbotson itu hilang kontak ketika berada di atas Selat Inggris pada 21 Januari.

Sala telah melakukan perjalanan dari Nantes untuk menjalani debutnya di klub Liga Primer Inggris Cardiff City setelah menandatangani kontrak termahal bagi klub itu bernilai lebih dari Rp 274 miliar. Pesawat terbang pada ketinggian 1.525 m ketika pilot meminta untuk turun ke ketinggian yang lebih rendah saat melewati Guernsey. Pesawat kemudian hilang kontak dengan radar di ketinggian 700 meter.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA