Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Camp Nou Stadion Tercanggih di Eropa

Jumat 01 Mar 2019 05:29 WIB

Rep: Eko Supriyadi / Red: Citra Listya Rini

Stadion Camp Nou milik klub Barcelona.

Stadion Camp Nou milik klub Barcelona.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Veltins Arena dan Stamford Bridge juga memiliki teknologi canggih.

 

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA    Camp Nou menjadi stadion pertama di Eropa yang bakal dilengkapi jaringan 5G atau Fifth Generation(generasi kelima), yang merupakan generasi berikutnya dari teknologi jaringan 4G.

 

Nantinya, FC Barcelona dan Telefonica akan mengeksplorasi cara-cara baru meliput olahraga dengan konten yang mendalam sehingga memungkinkan pengguna untuk menikmati permainan dari rumah seolah-olah mereka berada di Camp Nou.

 

Presiden Barcelona ​​Josep Maria Bartomeu, CEO GSMA John Hoffman dan Presiden Telefonica Espana, Emilio Gayo, bergabung dengan CEO Mobile World Capital, Carles Grau mempresentasikan Proyek 5G Stadium sebagai bagian dari program 5G Barcelona untuk mengonsolidasikan kota ini sebagai hub 5G terkemuka di Eropa. 

 

Penyebaran teknologi ini baik di tribun dan di lapangan menggunakan jaringan komersial Telefonica dan standardisasi  jaringan 3GPP Ericsson. Penempatan kamera 360 derajat di berbagai tempat di sekitar Camp Nou tanpa perlu kabel sehingga penonton mendapatkan pengalaman mendalam menyaksikan pertandingan di rumah. 

 

Dengan kaca mata Virtual Reality, penonton akan dapat menonton pertandingan dari manapun, entah itu dari belakang gawang, di bangku cadangan, atau dari sudut pandang apa pun pada waktu tertentu. Setelah teknologi ini sepenuhnya beroperasi, mereka akan dapat menonton dan mendengarkan pertandingan seolah-olah mereka berada di lapangan.

 

Stadion sepak bola besar dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi tempat di mana teknologi baru memainkan peran kunci dalam menangkap dan menyampaikan pengalaman olahraga, seperti cablecams, flycams, video drone, penguatan jaringan seluler dan penyiaran konten eksklusif.

 

photo

Stadion Camp Nou, markas Barcelona.

 

Namun, itu hanyalah beberapa inovasi yang memperkaya pengalaman televisi. Sementara jaringan 5G akan membawa ke tingkat yang lebih baik sehingga kamera 360 derajat dapat diposisikan tanpa perlu khawatir komunikasi akan terganggu. Teknologi 5G juga meningkatkan aliran video dari 30 Mega Byte per second (Mbps) hingga 200 Mbps.

 

Ini mengingat kualitas video 360 derajat memiliki resolusi 4K. Sementara server streaming ditempatkan dekat dari jaringan seluler kepada pengguna. Teknologi baru ini juga akan diimplementasikan di stadion baru Barcelona sebagai bagian dari proyek Espai Barca.

 

Proyek ini mewakili transformasi semua venue Blaugrana dan akan menjadi kompleks olahraga nomor satu dunia di pusat kota besar.  Espai Barca mencakup Camp Nou di masa depan, stadion tertutup untuk sekitar 105 ribu penonton, Palau Blaugrana baru, arena serbaguna untuk 12 ribu penonton, Stadion Johan Cruyff.  

 

Lokasi ini bersebelahan dengan lapangan pelatihan Barcelona yang akan dibuka Juli mendatang, dan Kampus Barça, yang akan mewakili reorganisasi area di sekitar tempat-tempat Club di dalam lingkungan Les Corts.

 

Proyek ini tidak hanya akan menjadikan Camp Nou di masa depan sebagai salah satu stadion terbaik di dunia. Akan tetapi menjadi peluang baru bagi perkembangan sosial dan ekonomi klub.

 

photo

Josep Maria Bartomeu

 

'Kami sangat bangga bahwa Camp Nou adalah stadion sepak bola pertama di Eropa dengan cakupan jaringan internal 5G. Kami telah menjadikan Camp Nou sebagai laboratorium untuk inovasi teknologi tercanggih dalam telepon seluler, 5G,' kata Bartomeu dikutip dari laman resmi klub, Kamis (28/2). 

 

Stadion lainnya yang punya teknologi canggih adalah Veltins Arena. Stadion yang menjadi markas kebanggan klub Schalke 04 ini mempunyai sederet teknologi canggih. Bagian atas stadion dapat dibuka dan ditutup secara otomatis, kemudian untuk mencegah agar rumput lapangan tidak rusak ketika digelar ajang selain sepak bola, rumputnya dapat dilipat dan disimpan seperi halnya laci.

 

Stadion ini juga dilengkapi dengan ratusan kamera pengawas, sistem keamanan yang canggih untuk mencegah penyelundupan benda-benda berbahaya dan bahan peledak. Serta sistem tiket elektronik yang mencegah praktik calo dan penonton gelap.

 

Lalu ada juga stadion milik Chelsea, Stamford Bridge. Stadion ini mempunyai kapasitas penonton lebih dari 42 ribu lengkap dengan berbagai fasilitas berkelas seperti dua hotel berbintang empat, lima restoran, klub malam, parkir bawah tanah, pusat kebugaran dan pusat bisnis. Terbaru, stadion mendapatkan lampu LED berteknologi tinggi yang belum pernah dipakai oleh stadion manapun di dunia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA