Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Loris Karius Masih Sering Blunder, Gaji Pun Nggak Dibayar

Jumat 15 Mar 2019 00:10 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Loris Karius

Loris Karius

Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Ada faktor ketidakberuntungan dalam diri Karius.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sudah jatuh tertimpa tangga. Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk kiper Liverpool, Loris Karius. Setelah melakukan blunder di final Liga Champions tahun lalu, Karius kemudian 'dibuang' the Reds dengan meminjamkannya ke klub Turki, Besiktas.

Alih-alih bisa memperbaiki performanya di klub lain selama dua setengah tahun kontrak pinjaman, Karius justru tak berhenti membuat blunder. Terakhir, Karius membuat kesalahan saat kemenangan Besiktas 3-2 atas Konyaspor.

Namun apesnya bagi kiper asal Jerman tersebut bukan hanya menjadi bahan cemoohan fan Besiktas dalam laga akhir pekan lalu. Melainkan gajinya yang sudah empat bulan tidak dibayarkan oleh klub.

Peristiwa ini sebenarnya terbilang langka bagi klub Eropa. Ada klub menunggak bayar gaji pemain. Akibatnya, bulan lalu Karius mengadu ke Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) untuk menyelesaikan masalah ini dengan jalur hukum.

Pembayaran gaji Karius seharusnya dilakukan dalam waktu 10 hari. Namun hingga batas waktu yang ditetapkan, Besiktas tak kunjung memberikan hak untuk pemain berusia 25 tahun tersebut dan belum ada penyelesaian hingga saat ini. Oleh karena itu, FIFA akan campur tangan dalam mengatasi masalah tersebut. Lantaran kasus ini, Besiktas terancam hukuman dari FIFA jika tidak segera membayar Karius.

Pelatih Besiktas Senol Gunes mengungkapkan, dirinya terpaksa menurunkan Karius karena kiper veteran Tolga Zengin sedang tak bisa dimainkan. Ia menilai gol yang dibuat oleh Konyaspor adalah murni kesalahan Karius. Menurut Gunes, selama ini Karius mengalami masa stagnan dan ada yang salah dengan motivasi dan antusiasmenya untuk pertandingan.

''Itu terjadi sejak awal. Dia benar-benar tidak merasa bagian dari tim. Itu sesuatu yang kami tidak bisa tangani. Tentu saja, saya bagian dari kesalahan ini,'' ujar Gunes, dikutip Mirror, Kamis (14/3)

Padahal, Gunes menganggap Karius sebagai pemain yang memiliki talenta. Namun sayangnya, Karius tidak berlatih dan di situlah masalahnya. Selain memang ada faktor ketidakberuntungan dari Karius. Oleh karena itu, Gunes menegaskan akan lebih memilih Tolga dibanding Karius. ''Jika Tolga masih tersedia, saya akan memainkannya,'' tegas dia.

Masa pinjaman Karius selama dua setengah tahun punya opsi pembelian secara permanen pada 2020. Namun dengan peristiwa ini dan performa Karius yang mengecewakan, tampaknya opsi pembelian ini tak akan diambil oleh Besiktas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA