Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Penonton Rusuh, AFF: Malaysia Bermasalah

Selasa 09 Dec 2014 13:46 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Suporter Vietnam ketika diserang suporter Malaysia.

Suporter Vietnam ketika diserang suporter Malaysia.

Foto: The Star

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) mengatakan Selasa (9/12), mereka ingin mendengar penjelasan dari badan sepak bola Malaysia tentang kegagalan mereka mengantisipasi terjadinya penyerangan terhadap pendukung tim tamu Vietnam saat laga semifinal Piala AFF 2014.

Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) mengirim pertanyaan tertulis pada Senin (8/12), mempertanyakan tentang petugas keamanan yang dianggap kurang di lapangan, kata Sekjen AFF Azzuddin Ahmad kepada AFP. Tenggat waktu jawaban itu ditunggu hingga 15 Desember. Langkah selanjutnya dapat berlanjut pada pemberian sanksi.

"Ini merupakan masalah. Negara lain juga menjadi tuan rumah pertandingan, tapi tidak ada terjadi kerusuhan," kata Azzuddin.

Setidaknya ada satu orang pendukung tim Vietnam yang cedera, ketika pendukung Malaysia dilaporkan menyerang pendukung tim tamu pada laga leg pertama di Kuala Lumpur pada Ahad (7/12), ketika Vietnam menang 2-1.

Pertandingan leg kedua di Hanoi Kamis akan menentukan tim mana yang berhak maju ke babak final kejuaraan sepak bola Asia Tenggara itu. Polisi menahan lima orang dan atas kejadian itu Menteri Olahraga Malaysia menyatakan minta maaf kepada Vietnam.

Azzuddin menolak berkomentar kemungkinan hukum yang akan diberikan, tetapi media lokal berspekulasi bahwa Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) kemungkinan akan didenda atau dipaksa bermain di stadion tertutup.

Pada pekan lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia menghukum denda FAM sebesar 10 ribu dolar AS karena pendukung mereka bertindak kasar pada pertandingan persahabatan melawan Filipina, Maret.

Menyusul pertandingan itu, dilaporkan laman FAM di-hacked dan muncul pesan dalam bahasa Vietnam. Laman itu tidak dapat dibuka Selasa dan ada peringatan tulisan "Sedang Diperbaiki".

Turnamen Piala Suzuki di kawasan itu amat diantisipsi masing-masing pendukung, karena kekalahan pada kejuaraan itu tidak akan membawa tim mereka ke level kejuaraan Asia yang lebih tinggi, misalnya Piala Asia.
Petinggi sebak bola Vietnam meminta pendukung mereka tidak bertindak brutal terhadap pendukung Malaysia pada pertandingan leg kedua mendatang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA