Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Del Bosque Tantang Guardiola Latih Timnas Spanyol

Ahad 17 Jul 2016 05:49 WIB

Red: Israr Itah

Pep Guardiola

Pep Guardiola

Foto: REUTERS/Sergio Perez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque mengusulkan nama Pep Guardiola menggantikannya membesut La Roja. Pelatih senior itu mengatakan, sebagai pelatih muda yang berbakat, mantan pelatih FC Barcelona itu dianggap bakal bisa memperbaiki kemunduran prestasi tim Matador.

Del Bosque mengatakan, sebagai orang Katalan, Guardiola tentu punya tanggung jawab untuk membesut timnas. "Mengapa tidak. Seorang Katalan jadi pelatih Spanyol. Itu akan menjadi satu hal yang besar untuk membawa timnas Spanyol lebih baik," ujar dia seperti dilansir Football Espana, Sabtu (16/7).

Pelatih 65 tahun itu menilai, kapasitas Guardiola sudah tak lagi perlu diragukan. Sebagai pemain, dan juga pelatih. Hanya, Del Bosque menyinggung Guardiola tentang keberanian mantan pelatih Bayern Munchen itu untuk menerima tantangan sebagai pelatih timnas negaranya sendiri.

Tantangan itu, dikatakan Del Bosque mengingat cerita sukses Guardiola bersama klub-klub raksasa di La Liga Spanyol dan juga Bundesliga Jerman.

"Tapi saya tidak bisa membayangkan bahwa menjadi pelatih timnas menjadi sangat penting bagi seorang pelatih yang sudah mendapatkan uang begitu banyak dari klub-klubnya," begitu kata Del Bosque.

Kursi kepelatihan timnas Spanyol saat ini kosong. Del Bosque memilih pensiun usai Spanyol kandas di putaran 16 Piala Eropa 2016.

Del Bosque pun memilih pensiun lantaran usia. Dirinya sudah delapan tahun mengabdi di timnas sejak 2008. Prestasinya membesut timnas pun sudah teruji ketika Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Sementara itu, Guardiola memang menjadi pelatih muda di Spanyol yang terbukti sukses membesut dua klub raksasa Eropa. Guardiola berhasil memberikan banyak gelar untuk FC Barcelona selama empat musim kepelatihannya sejak 2008.

Pada 2013, Guardiola juga memberikan sejumlah gelar terbaik untuk Bayern Munchen. Musim kompetisi 2016/17 mendatang, pelatih 45 tahun itu menjajal Liga Inggris, dengan memilih Manchester City sebagai klub pertamanya di Liga Primer Inggris.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA