Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Rabu, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 Februari 2019

Ratusan Fan Dukung Mesut Oezil di Berlin

Senin 30 Jul 2018 19:12 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto

Mesut Oezil

Mesut Oezil

Foto: EPA/WILL OLIVER
Sebagian besar fan mengenakan seragam Oezil, baik di Arsenal maupun di Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Ratusan fan berkumpul di Berlin untuk memberi dukungan kepada Mesut Oezil. Mereka mengimbarkan bendera Jerman dan Turki sambil meneriakkan nama Oezil yang menyatakan mengundurkan diri dari tim nasional (timnas) Jerman karena merasa mendapatkan perlakukan rasis dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Baca Juga:

Baca Juga

Pada pekan lalu, Oezil mengaku mendapatkan surat yang berisi penuh kebencian dan ancaman setelah Jerman tersingkir di babak penyisihan grup di Piala Dunia 2018 Rusia. Penampilannya yang buruk dianggap sebagai penyebab kekalahan Jerman di Rusia.

Mantan penyerang Jerman Fredi Bobic mengkritik keputusan Oezil untuk pensiun dari timnas Jerman. Menurutnya keputusan pemain Arsenal tersebut pengecut.

"Kritik Oezil di media sosial terutama yang mengarah kepada Federasi Sepak Bola Jerman tidak tertahankan," kata Bobic kepada media massa Jerman, Bild, seperti dilansir dari BBC, Senin (30/7).

Para pendukung Oezil mengenakan seragam 'I am Oezil' atau 'Saya Oezil'. Mereka berkumpul di kantor perusahaan media Axel Springer. Sebagian besar fan tersebut mengenakan seragam Oezil baik di Arsenal maupun di timnas Jerman.

Oezil generasi ketiga imigran Turki yang lahir di Gelsenkrichen. Ia menjadi pemain kunci kemenangan Jerman meraih juara Piala Dunia 2014 Brasil. Tapi dua bulan sebelum Piala Dunia 2018, ia mendapat hujan kritik karena berpose dengan Presiden Turki Tayyep Erdogan dalam sebuah acara di London, Inggris.

Setelah menyatakan mengumumkan pengunduran dirinya melalui akun media sosial Twitter, Oezil mengikut tur pra-musim bersama Arsenal. Ia berterima kasih atas dukungan dari para fan Arsenal selama pra-musim. Ia pun mengaku mendapat dukungan dari rekan setimnya dan pelatih baru Arsenal Unai Emery.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA