Wednesday, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 January 2019

Wednesday, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 January 2019

Lawal Kecewa Nigeria tak Eksis untuk Pemain Terbaik Afrika

Selasa 08 Jan 2019 17:10 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto

Mohamed Salah ketika menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2017.

Mohamed Salah ketika menerima penghargaan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2017.

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN THOMPSON
Semua pemain Nigeria harus meniru apa yang dilakukan tiga besar nominator.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA -- Legenda tim nasional (timnas) Nigeria Garba Lawal sangat menyayangkan tidak ada lagi pemain dari negaranya yang mampu memenangkan penghargaan pemain terbaik Afrika. Terakhir, pemain Nigeria yang memenangkan gelar tersebut adalah Nwankwo Kanu saat masih memperkuat Arsenal pada 1999 silam.

Setelah itu, tiga pemain Nigeria hanya mampu masuk ke dalam jajaran nominasi, yakni Jay Jay Okocha, John Obi Mikel, dan Vincent Enyeama.

Okocha hanya menempati urutan tiga di tahun 2003 dan 2004 saat masih memperkuat Bolton Wanderes. Obi Mikel saat bersama Chelsea menempati peringkat dua pada 2013 lalu. Terakhir Enyeama yang membela Lille ada di urutan tiga pada tahun 2014.

Empat edisi terakhir, tidak ada sama sekali nama pemain Nigeria yang masuk nominasi tiga besar. Gelandang Arsenal Alex Iwobi yang jadi harapan gagal masuk karena penampilan inkonsisten.

"Sangat disayangkan. Tapi saya tidak terkejut karena pemain kami (di Eropa) belum menemukan bentuk permainan terbaiknya," kata Lawal dikutip dari Goal Internasional, Selasa (8/1).

Tiga nominasi pemain Afrika 2018 masih sama dengan periode sebelumnya. Yakni duo Liverpool Sadio Mane dan Mohamed Salah. Satu lagi striker Arsenal Pierre Emerick Aubameyang. Untuk 2017 lalu, pemenangnya ialah Salah.

Lawal mengatakan, semua pemain Nigeria harus meniru apa yang dilakukan para tiga besar nominator pemain Afrika beberapa tahun terakhir. Salah satu caranya, menurut Lawal, ialah terus bekerja keras, konsisten, dan disiplin. "Pemain kami harus bekerja lebih keras," jelas dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA