Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Sampaoli Minta Timnya Tetap Optimistis Lolos ke Piala Dunia

Selasa 05 Sep 2017 20:10 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani

Pelatih timnas Argentina, Jorge Sampaoli.

Pelatih timnas Argentina, Jorge Sampaoli.

Foto: EPA/David Fernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Argentina harus berjuang keras untuk meraih tiket langsung ke Piala Dunia. Hasil imbang tanpa gol Argentina melawan Uruguay dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL di Estadio Centenario, Jumat (1/9) , tak berpengaruh pada posisi Argentina di klasemen grup.

La Albiceleste kini menempati urutan kelima klasemen grup dengan torehan 23 angka yang sama dengan Cile di urutan keempat. Dengan tiga laga tersisa, Argentina harus berjuang untuk mendapatkan empat posisi teratas dan tiket untuk lolos langsung ke Piala Dunia tahun depan di Rusia. 

Finis di urutan kelima di grup akan membuat Argentina menghadapi play-off antarbenua melawan negara dari wilayah Oseania. Bahkan, hasil yang lebih buruk lainnya, tim-tim diperingkat di bawahnya seperti Peru, Paraguay, dan Ekuador bisa memanfaatkan kesalahan lebih jauh untuk menyalip dua kali juara Piala Dunia ini. Sebaliknya, sementara Brasil di  puncak klasemen sudah tak mungkin terkejar, Kolombia, Uruguay dan Cile di atas mereka  bisa disusul Argentina jika mereka meraih hasil akhir yang kuat. 

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, mengatakan, timnya harus yakin mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan dua dari tiga pertandingan tersisa di kandang. Menurutnya, kebutuhan untuk menang akan menguji kekuatan mereka sebagai sebuah tim. "Penting bagi kita untuk percaya pada apa yang dapat kita lakukan dan kemampuan kita sehingga kita dapat melanjutkan dengan harapan lolos ke Piala Dunia," kata Sampaoli, dilansir dari ESPN, Selasa (5/9).

Sementara itu, Sampaoli juga membantah rumor adanya keretakan dengan pemain bintang Lionel Messi menjelang laga kualifikasi melawan Venezuela, Rabu (6/9). Dengan sedikit ruang untuk kesalahan saat ini, peran Messi sangat penting bagi Argentina. Sampaoli lantas mengklaim, bahwa rumor itu tidak hanya keliru, namun juga dirancang untuk melemahkan timnya.

Sampaoli justru menekan  pentingnya Messi bagi timnya. "Kami sangat beruntung memiliki pemain terbaik di dunia yang benar-benar terlibat untuk membawa Argentina ke Piala Dunia. Saya tidak suka mendengar jenis pertanyaan ini karena mereka diarahkan dan Anda bisa melihat ke mana mereka pergi," tambahnya. 

Bintang Barcelona itu hanya mampu bermain pada tujuh dari 15 pertandingan Argentina sejauh ini. Mereka telah mengakumulasikan 16 dari 23 angka dengan Messi di tim. Sampaoli mengakui, tim memiliki ketergantungan pada pemain bintang mereka itu. Padahal, ia berharap hal itu bisa berubah. "Sulit untuk menghilangkan ketergantungan Messi dari tim saat Leo ada di sana. Bila Anda tahu Anda memiliki pemain terbaik, Anda akan selalu melihat ke arahnya," ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA