Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

PIALA ASIA 2019

Palestina Raih Poin Pertamanya Sepanjang Sejarah Piala Asia

Senin 07 Jan 2019 09:17 WIB

Red: Didi Purwadi

Acara pembukaan Piala Asia 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (5/1).

Acara pembukaan Piala Asia 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (5/1).

Foto: AP/Kamran Jebreili
Palestina mampu meredam Suriah meski Mohamed Saleh diusir keluar lapangan.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Timnas Palestina merebut poin pertama mereka sepanjang sejarah partisipasi di Piala Asia setelah menahan imbang Suriah dengan skor 0-0. Pertandingan pembuka Grup B Piala Asia 2019 itu dimainkan di Stadion Sharjah, Sharjah, Uni Emirat Arab, Ahad (6/1) malam waktu setempat atau Senin (7/1) dinihari WIB.

Dengan hasil ini, Palestina menduduki peringkat kedua klasemen Grup B dengan koleksi satu poin. Sedangkan, Suriah di peringkat ketiga juga dengan satu poin.

''Pucuk klasemen Grup B dihuni oleh Yordania dengan tiga poin, sedangkan Australia berada di posisi juru kunci,'' sebut laporan yang dikutip dari situs resmi AFC.

Dipecundangi dalam tiga pertandingan saat melakukan debutnya pada 2015, Palestina mampu tampil lebih kompetitif pada kesempatan ini. Mereka mampu meredam serangan tim lawan yang lebih kuat, meski harus kehilangan Mohammed Saleh yang diusir keluar lapangan.

Saleh, pemain bertahan andalan Palestina, mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-68 setelah beradu kepala dengan Omar Khrbin. Namun, Suriah tidak mampu memaksimalkan keunggulan jumlah pemainnya.

Kegagalan Suriah untuk memanfaatkan sejumlah peluang pada babak pertama membuat Palestina mampu memperbaiki permainan. Pasukan Noureddine Ould Ali mampu balas mengancam barisan pertahanan Suriah.

Meskipun demikian, Suriah terbukti tetap lebih kuat dan dua kali hampir unggul pada 30 menit pertama pertandingan. Khrbin menjadi pusat dari dua peluang yang Suriah miliki. Pertama saat Abdallah Jaber melakukan blok di garis gawang, lalu sebelum kiper Rami Hamada menepis sundulan yang mengancam gawangnya.

Pasukan Bernd Stange sedang berada dalam performa bagus ketika lutut Osama Omari terkilir. Ia harus ditandu keluar lapangan dan digantikan Youssef Kalfa ketika pertandingan babak pertama tersisa empat menit. Meski kehilangan Omari, Suriah tetap mendominasi permainan hingga jeda turun minum.

Harapan Suriah untuk mendulang tiga poin kembali terbuka saat laga tinggal menyisakan 20 menit. Wasit Ravshan Irmatov menilai gerakan Saleh saat berduel udara dengan Khrbin, membuatnya layak diusir dari lapangan.

Walau demikian, Palestina tetap mampu meredam serangan Suriah yang unggul dalam jumlah pemain. Mereka mampu mengamankan hasil imbang. Palestina selanjutnya akan berhadapan dengan Australia pada Jumat, sedangkan Suriah akan bertemu Yordania.

Susunan Pemain:
Suriah (4-2-3-1): Ibrahim Alma, Abdul Malek Al Anizan, Jehad Al Baour, Ahmad Al Salih, Moayad Ajan, Tamer Haj Mohamad (Ahmad Ashkar 81'), Zaher Al Midani (Mohammed Osman 73'), Osama Omari (Youssef Kalfa 41'), Omar Khrbin, Fahad Youssef, Omar Al Somah

Palestina (4-5-1): Rami Hamada, Musab Al Battat, Mohammed Saleh, Abdelatif Bahdari, Abdallah Jaber, Mohammed Darwish, Jonathan Cantillana (Shadi Shaban 76'), Tamer Seyam, Pablo Tamburrini (Alexis Norambuena Ruz 64'), Samah Maraaba, Yashir Pinto (Mahmoud Wadi 82')  

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA