Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Copa America 2020 Digelar di Argentina dan Kolombia

Kamis 14 Mar 2019 07:22 WIB

Red: Israr Itah

Alexis Sanchez mencium trofi pemain terbaik Copa America Centenario 2016.

Alexis Sanchez mencium trofi pemain terbaik Copa America Centenario 2016.

Foto: AP Photo/Julio Cortez
CONMEBOL telah menolak proposal dari Amerika Serikat yang mengajukan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, ASUNCION -- Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengumumkan penyelenggaraan turnamen Copa America 2020 di Argentina dan Kolombia. CONMEBOL telah menolak proposal dari Amerika Serikat yang mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Pertemuan para pejabat CONMEBOL di Miami, AS, Rabu (13/3), mengatakan tawaran bersama itu diterima sebagai cara membawa sepak bola Amerika Selatan kepada para penggemar. CONMEBOL akan mendengarkan presentasi yang lebih rinci oleh kedua negara.

Turnamen ini biasanya dimainkan oleh 10 negara Amerika Selatan dan setidaknya dua tamu undangan. Tahun ini, Copa America akan digelar di Brasil pada Juni. CONMEBOL ingin menggelar Copa America lagi pada tahun berikutnya. Setelah itu, turnamen ini akan berubah menjadi empat tahun sekali, untuk menjadikannya berbarengan dengan Piala Eropa.

Turnamen ini telah digelar secara acak dalam beberapa tahun belakangan. Bila nanti berlangsung, Copa America 2020 akan menjadi yang keempat dalam enam tahun setelah Cile (2015), edisi seratus tahun khusus di Amerika Serikat pada 2016, dan Brasil (2019).

Amerika Serikat menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah turnamen lagi pada 2020 sebagai bagian dari kompetisi seluruh Amerika yang menampilkan tidak hanya tim dari Amerika Selatan tetapi juga Amerika Utara dan Karibia. CONMEBOL menolak ide itu dan memilih untuk menjaga integritas bersejarah turnamen, yang tertua di sepak bola internasional.

"CONMEBOL menolak ekspresi minat dan proposal yang diterima dari Amerika Serikat, Australia, dan agen komersial Dentsu dan IMG," katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters.

Sebuah sumber mengatakan kepada Reuters bahwa CONMEBOL masih akan memperpanjang undangan untuk Meksiko dan Amerika Serikat pada Copa America 2020.

Turnamen ini kemungkinan akan memiliki 16 peserta, dibagi ke dalam empat grup, masing-masing dua di Kolombia dan Argentina. Setiap negara akan menyelenggarakan satu semifinal dan final akan dimainkan di Argentina. Argentina terakhir mengadakan turnamen pada 2011, sementara Kolombia menjadi tuan rumah terakhir pada 2001. 

Sumber : REUTERS
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA