Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Kontra Rusia, Belgia akan Tetap Andalkan Hazard

Kamis 21 Mar 2019 09:11 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Roberto Martinez (berjas) memberikan instruksi kepada para pemain timnas Belgia.

Roberto Martinez (berjas) memberikan instruksi kepada para pemain timnas Belgia.

Foto: AP Photo/Petr David Josek
Namun Martinez tak bisa menampilkan Lukaku, De Bruyne, dan Kompany yang masih cedera.

REPUBLIKA.CO.ID,  BRUSSELS -- Belgia akan memulai petualangan di kualifikasi Piala Eropa 2020. Tergabung di Grup I, armada Iblis Merah menjalani laga pembuka kontra Rusia.

Sejumlah faktor membuat tim polesan Roberto Martinez diunggulkan menjadi pemenang. Pertama, dalam pertandingan ini, Eden Hazard dkk menjadi tuan rumah. Duel berlangsung di King Baudouin Stadium, Brussels, Jumat (22/3) dini hari WIB.

Penggemar Belgia diprediksi memenuhi arena berkapasitas 50 ribuan kursi itu. Kondisi ini menjadi kekuatan tambahan bagi De Rode Duivels. Berikutnya dari segi peringkat Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Jan Vertonghen dkk unggul jauh.

Mulai Maret 2019, Belgia ada di posisi ketiga dunia. Sementara kubu tamu 30 peringkat di bawahnya. Sebuah perbedaan yang cukup jauh.

Secara head to head tuan rumah di atas angin. Dari lima pertemuan, Iblis Merah meraih tiga kemenangan. Sisanya berakhir imbang.

Sejarah tersebut cukup mengangkat kepercayaan diri pasukan Martinez jelang laga ini. Hanya saja juru taktik asal Spanyol itu berpotensi tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Penyerang Romelu Lukaku belum pasti bisa tampil.

Nama Lukaku ada dalam daftar pemain yang dipanggil ke timnas. Namun dalam persiapannya, pesepak bola 25 tahun itu mengalami cedera. Pihak medis belum memberikan keterangan detail mengenai kondisi terbaru jagoan Manchester United itu.

"Kesempatan dia tampil 50-50. Tapi kami yakin situsi dapat berubah dengan cepat," kata Martinez dikutip dari Sports Mole, Kamis (21/3).

Tampak arsitek tim 45 tahun itu masih berharap pada kemungkinan terbaik. Artinya pada momen pertandingan, sang bomber bisa tersedia. Sehingga, menambah opsinya di lini depan.

Sebuah kerugian besar bagi Belgia apabila Lukaku Absen. Sejauh musim ini berjalan ia sudah mengoleksi 15 gol dari 38 laga bersama United di berbagai kompetisi.

Meski demikian, pantang bagi Martinez untuk terlalu mengeluhkan keadaan itu. Sebab selain Lukaku sejumlah nama berkelas juga absen karena cedera, yakni Kevin de Bruyne dan Vincent Kompany.

Sang pelatih masih mengandalkan nama-nama yang sering berada di kamar ganti timnas Belgia. Nama-nama generasi emas sepak bola negara tersebut. Tak terkecuali Eden Hazard.

Martinez berharap sang kapten mampu memimpin pasukannya dengan mentalitas yang tepat. "Saya pikir Eden berada di momen terbaik dalam kariernya. Kami melihat di Piala Dunia 2018. Dia siap menghadapi proyek apapun dan memimpin proyek apapun," ujar Martinez, dikutip dari Football Espana.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA