Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Hazard Cetak Dua Gol, Belgia Tekuk Rusia 3-1

Jumat 22 Mar 2019 09:22 WIB

Red: Endro Yuwanto

Eden Hazard

Eden Hazard

Foto: AP Photo/Natacha Pisarenko
Kiper Belgia Thibaut Courtois melakukan blunder fatal.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL -- Kapten Belgia Eden Hazard mencetak dua gol untuk Belgia pada saat kiper Thibaut Courtois melakukan blunder fatal. Gol Hazard sekaligus mengamankan kemenangan 3-1 atas Rusia dalam pertandingan kualifikasi Grup I Euro 2020 di Stadion King Baudouin, Belgia, Kamis (21/6) waktu setempat.

Courtois melakukan kesalahan dengan memberi kesempatan gol mudah Rusia untuk menyamakan kedudukan lewat Denis Cheryshev. Tetapi, Belgia pantas memetik kemenangannya ketika Youri Tielemans membuka skor dengan gol internasional pertamanya. Hazard lalu menambahkan dua lagi, satu di antaranya dari titik penalti.

Striker Michy Batshuayi dipasang untuk memimpin barisan penyerangan setelah absennya Romelu Lukaku yang cedera. Sementara tiga barsaudara Hazard, Eden, dan Thorgan, dimainkan bersama untuk ketiga kalinya dengan mengenakan seragam tim nasional. Belgia memimpin pada 15 menit pertama ketika umpan Timothy Castagnea disambut Tielemans di tepi kotak penalti. Gelandang debutan itu melepas tembakan rendah melewati kiper Guilherme Marinato.

Namun keunggulan tersebut tidak berlangsung lama karena semenit kemudian Courtois membuat kesalahan fatal yang dimanfaatkan Cheryshev untuk menyamakan kedudukan. Penjaga gawang itu menguasai bola setelah melakukan penyelamatan gawangnya, namun kemudian tanpa sadar dia memberikan bola langsung ke Cheryshev di tepi kotak penalti dan bola pun langsung mengarah ke gawang yang kosong.

Belgia, semifinalis Piala Dunia tahun lalu, mencetak gol kedua tepat sebelum turun minum ketika Eden Hazard diganjal di kotak penalti oleh Yuri Zhirkov. Ia mampu mengkonversinya menjadi gol dan memberi timnya keunggulan 2-1 di babak pertama.

Batshuayi seharusnya menambahkan keunggulan untuk tim tuan rumah ketika ia dibiarkan tanpa penjagaan dan meneruskan umpan silang ke tiang gawang dari jarak sekitar 7 meter.

Hazard kembali menyarangkan gol ketiga ketika ia menerima umpan longgar di dalam kotak penalti setelah tendangan Batshuayi diblokir. Tim tamu menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah wasit memberikan kartu merah di menit-menit terakhir untuk Aleksandr Golovin.

Sebelumnya, Siprus menyodok ke puncak klasemen Grup I dengan kemenangan 5-0 atas San Marino di Nicosia. Striker Pieros Sotiriou mengkonversi dua penalti menjadi gol. Sementara tiga gol lainnya dicetak Ioannis Kousoulos, Georgios Efrem, dan Konstantinos Laifis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA