Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tite Akui Brasil Tampil tak Meyakinkan Saat Lawan Venezuela

Rabu 19 Jun 2019 19:34 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pelatih Brasil Tite

Pelatih Brasil Tite

Foto: EPA-EFE/Fernando Bizerra
Brasil ditahan imbang Venezuela dengan skor 0-0.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Brasil Adenor Leonardo Bacchi atau yang akrab disapa Tite mengakui, tim asuhannya tampil tidak meyakinkan saat menghadapi Venezuela dalam pertandingan kedua babak penyisihan grup A Copa America 2019, Rabu (19/6) pagi WIB. Brasil ditahan imbang Venezuela dengan skor 0-0.

"Ya, saya memiliki kekhawatiran. Para pemain bukannya tidak merasakan. Namun kami harus tahu bagaimana caranya mengatasi kesulitan," kata Tite pada wawancara purnalaga seperti dilansir <i>Reuters</i>.

"Saya terus mengatakan "terus bertukar operan, carilah ruang" kepada para pemain di babak kedua. Itulah cara bermain kami, tidak ada gunanya melakukan sesuatu dengan cara berbeda, itu bukan ide kami. Itu tidak cocok dengan apa yang dimiliki para pemain kami," ujarnya.

Dalam pertandingan tersebut, tiga gol Brazil tidak disahkan wasit. Bahkan gol yang dibukukan Philippe Coutinho pada fase akhir pertandingan menimbulkan sedikit kontroversi. Meski demikian, Tite tidak ingin mengkritik keputusan wasit Julio Bascunan yang merugikan timnya itu.

"Itu adil. Jika saya berada di pihak lawan, saya akan puas, saya sama sekali tidak mengeluhkan apapun," katanya.

Tite banyak mendapat kritik untuk pemilihan pemain penggantinya terkait hasil ini, di mana sang pelatih memilih memasukkan Fernandinho untuk menggantikan Casemiro, ketika ia juga kemudian memainkan Gabriel Jesus dan Everton. Brazil tidak pernah mengubah formasinya sepanjang pertandingan, namun Tite tidak mau menelan mentah-mentah kritik yang dialamatkan kepadanya.

"Saya tidak memiliki intuisi seperti itu, misalnya mengubah bek untuk menjadi gelandang. Saya tidak kompeten dalam urusan itu, untuk memasukkan seorang pemain ke lapangan dan berharap ia melakukan keajaiban untuk menemukan solusi," ujarnya.

"Anda harus memiliki struktur yang bagus, dan tidak mengubah berbagai hal hanya karena tekanan dan tuntutan hasil," ucapnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA