Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Gol Zapata Antarkan Kolombia ke Perempat Final Copa America

Kamis 20 Jun 2019 06:35 WIB

Red: Israr Itah

Duvan Zapata

Duvan Zapata

Foto: EPA-EFE/Fernando Bizerra
Gol Zapata tercipta saat waktu normal tersisa lima menit.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Gol telat Duvan Zapata membawa Kolombia memetik kemenangan 1-0 atas Qatar pada laga kedua Grup B Copa America 2019 di Stadion Cícero Pompeu de Toledo, Sao Paolo, Kamis (20/6) dini hari WIB. Gol Zapata ini sekaligus memastikan tempat Kolombia di perempat final Copa America.

Kolombia menguasai penuh jalannya pertandingan sejak menit pertama dengan 68 persen pengendalian bola, meski Qatar beberapa kali berusaha menerobos pertahanan mereka. Babak pertama pertandingan berlangsung membosankan dengan hampir tak ada tembakan tepat sasaran dari kedua tim.

Wasit Alexis Herrera sempat menunjuk titik putih karena menganggap pemain Qatar handball di dalam kotak penalti, namun usai meninjau tayangan ulang VAR ia menganulir keputusannya.

Kolombia baru bisa benar-benar mengancam gawang Qatar pada menit ke-65 lewat tembakan Roger Martinez yang menyasar sudut kanan atas gawang dari sudut sempit. Namun bola berhasil ditepis kiper Saad Al Sheeb dan hanya berbuah sepak pojok.

Tekanan demi tekanan dari Kolombia akhirnya berbuah manis pada pengujung laga. Gol Zapata tercipta saat waktu normal tersisa lima menit. Ia melompat menyundul umpan silang James Rodriguez yang melayang dan memecah kebuntuan dalam pertandingan yang sulit di stadion yang djuga dikenal dengan nama Morumbi.

Qatar berusaha mencetak gol balasan tepat pada menit ke-90, namun peluang Abdelkarim Hassan setelah menerima umpan sodoran dari Akram Afif di tepian kotak penalti hanya berakhir menjadi tendangan melenceng.

Pada menit keempat injury time, Zapata sebetulnya berpeluang memperbesar kemenangan Kolombia saat ia mengakhiri sebuah serangan balik dan berhadapan langsung dengan Al Sheeb, namun penyelesaiannya malah melebar. Skor bertahan 1-0.

Kolombia yang mengalahkan Argentina 2-0 dalam pertandingan pembukaan mereka, sekarang memiliki enam poin dan memuncaki Grup B. Hasil imbang Paraguay kontra Qatar pada laga pertama memastikan Kolombia lolos apa pun hasil pertandingan terakhir mereka kontra Paraguay awal pekan depan di Arena Fonte Nova, Salvador.

Qatar memiliki satu poin setelah bermain imbang 2-2 dengan Paraguay. Wakil Asia yang diundang pada turnamen negara-negara Amerika Selatan ini masih bisa lolos ke perempat final bila mengalahkan Argentina pada pertandingan terakhir.

Susunan pemain:

Kolombia (4-3-3)

David Ospina; John Medina (Santiago Arias), Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Juan Cuadrado (Radamel Falcao), Wilmar Barrios, Mateus Uribe; James Rodriguez, Duvan Zapata, Roger Martinez (Luis Diaz)

Pelatih: Carlos Queiroz

Qatar (4-4-1-1)

Saad Al Sheeb; Pedro Miguel, Bassam Al Rawi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan; Hassan Al Haydos (Ahmed Moein Doozandeh), Assim Madibo, Boualem Khoukhi, Akram Afif; Abdelaziz Hatim (Karim Boudiaf); Almoez Ali

Pelatih: Felix Sanchez

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA