Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Liga Champions

Bungkam Basel 4-0, Porto Melangkah ke Perempat Final

Rabu 11 Mar 2015 04:49 WIB

Red: Israr Itah

Carlos Casemiro (tengah)

Carlos Casemiro (tengah)

Foto: REUTERS/Miguel Vidal

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO--Porto memastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions. Wakil Portugal itu berhasil menyingkirkan Basel dengan agregat 5-1 pada babak 16 besar kompetisi antarklub paling elit Eropa tersebut.

Berbekal hasil imbang 1-1 di kandang Basel pada leg pertama, Porto tampil percaya diri di kandang sendiri, Estadio Do Dragao, Rabu (11/3) dini hari WIB. Skuat asuhan Julen Lopetegui itu mencukur Basel 4-0.

Yacine Brahimi membawa Basel memimpin pada menit ke-14. Pemain timnas Aljazair ini mencetak gol indah lewat tendangan bebas. Dia mengangkat bola melewati pagar hidup menuju sisi gawang sebelah kiri kiper Tomas Vaclik. Bola yang datang kencang membuat Vaclik tak bisa berbuat banyak mencegah si kulit bundar menembus jaringnya.

Meski mendominasi permainan dengan permainan passing cepat dan pergerakan tanpa bola yang apik, Porto tak bisa menambah gol hingga babak pertama usai.

Dragoes, julukan Porto, baru bisa menambah gol pada paruh kedua. Hector Herrera membawa timnya menjauh lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Menerima operan Brahimi, Herrera mengarahkan bola ke sisi kanan gawang yang tak bisa dihentikan Vaclik.

Porto semakin tak terkejar ketika Carlos Casemiro membobol gawang Basel untuk ketiga kalinya. Gelandang bertahan Porto ini melepaskan tendangan bebas langsung dari jarak sekitar 30 meter ke sudut kanan gawang Basel. Vaclik sudah berusaha melompat tapi bola jauh dari jangkauannya.

Vincent Aboubakar menggenapi keunggulan Porto lewatgolpada menitke-76. Ia menuntaskan serangan cepat Porto dengan menaklukkan dua bek Basel sebelum melepaskan tendangan keras yang tak terbendung Vaclik.

Susunan pemain:

Porto (4-3-3)

Fabiano; Danilo (Bruno Martins Indi 22'), Maicon, Marcano, Alex Sandro; Herrera, Carlos Casemiro, Evandro; Cristian Tello, Vincent Aboubakar, Yacine Brahimi (Ruben Neves 74').

Pelatih: Julen Lopetegui

Basel (4-2-3-1)

Tomas Vaclík; Taulant Xhaka, Fabian Schär (Breel Embolo 57'), Walter Samuel, Adrian Safari; Fabian Frei (Yoichiro Kakitani 63'), Momamed Elneny; Derlis González, Luca Zuffi, Shkelzen Gashi; Marco Streller.

Pelatih: Paulo Sousa

Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA