Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Wolfsburg Permalukan Madrid di Volkswagen Arena

Kamis 07 Apr 2016 03:38 WIB

Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo gagal menaklukkan kiper Wolfsburg Diego Benaglio.

Cristiano Ronaldo gagal menaklukkan kiper Wolfsburg Diego Benaglio.

Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach

REPUBLIKA.CO.ID, WOLFSBURG -- Wolfsburg menghadirkan kejutan terbesar pada leg pertama babak perempat final Liga Champions. Berstatus underdog, wakil Jerman ini menaklukkan Real Madrid 2-0 di Volkswagen Arena, Kamis (7/4) dini hari WIB. 

Tuan rumah tampil kompak dan sangat siap dengan permainan Madrid. Strategi pelatih Dieter Hecking menumpuk lima pemain di lini tengah sukses meredam agresivitas serangan Los Blancos.

Madrid dipaksa membangun serangan lewat sisi sayap. Sebaliknya, Wolfsburg menghadirkan ancaman dengan pergerakan cepat di kotak penalti Los Blancos. 

Die Wolfe memimpin pada menit ke-18 lewat eksekusi tendangan penalti Ricardo Rodriguez. Penalti diberikan setelah Casemiro melanggar Andrea Schuerrle di kotak penalti.

Gol ini menyengat para pemain Madrid untuk membalas. Tapi pergerakan lini depan Los Blancos berhasil diredam oleh Wolfsburg.

Tuan rumah justru memperbesar keunggulan, kali ini lewat Maximilian Arnold. Gol pada menit ke-25 berawal dari pergerakan Julian Draxler di kiri. Dia memotong ke dalam dan melepas bola ke Henrique yang masuk dari kanan. Pemain Brasil ini melepaskan bola ke tiang dekat dan berhasil disambar Arnold yang pergerakannya tak terkawal. Skor 2-0 untuk Wolfsburg.

Di tengah upaya mengejar ketertinggalan, Madrid kehilangan striker Karim Benzema pada menit ke-41 setelah terkena pelanggaran. Posisinya digantikan oleh Jese. Tapi hingga turun minum tak ada tambahan gol tercipta.

Pada babak kedua, Madrid mencoba mengambil kendali. Tapi disiplinnya permainan Wolfsbrug membuat Madrid kesulitan. Cristiano Ronaldo beberapa kali menunjukkan ekspresi frustrasi karena tak mampu menembus pertahanan tuan rumah.

Karena serangannya macet, pelatih Madrid Zinedine Zidane menarik Luka Modric dan menggantikan dnegan Isco. Tapi mantan bintang timnas Spanyol U-21 ini tak mampu menolong timnya untuk setidaknya memperkecil skor.

Dengan hasil ini, Madrid punya tugas berat di kandang. Los Blancos wajib menang dengan selisih tiga gol untuk lolos ke semifinal. Skenario lain, Madrid menang 2-0 di Santiago Bernabeu untuk memaksakan perpanjangan waktu dan kembali menambah gol untuk menyisihkan Wolfsburg.

Baca juga: City Tahan Imbang PSG 2-2

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA