Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Ambisi Lyon Meredam Barcelona

Selasa 19 Feb 2019 05:22 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Citra Listya Rini

Bruno Genesio

Bruno Genesio

Foto: REUTERS/Robert Pratta
Lyon tidak pernah menang atas Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, LYON  —  Barcelona bersiap melakoni leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan tuan rumah Olympique Lyon di Stadion Groupama, Rabu (20/2) dini hari WIB. Barcelona coba mematahkan tren positif yang tengah dialami Lyon dalam beberapa pekan terakhir.

Ini merupakan kali ke-15 bagi Barcelona lolos ke babak 16 besar secara beruntun. Klub raksasa Spanyol itu pun sukses mengantongi 12 kemenangan dari 14 partai sebelumnya. Pada musim lalu Barca berhasil menggilas Chelsea dengan skor 4-1 untuk melangkah ke putaran berikutnya.

 

Sementara itu, kemenangan paling heroik terjadi pada dua musim sebelumnya, yakni dengan membalikan agregat menjadi 6-5 dari Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016/2017.

 

Meski baru mengemas kemenangan 1-0 atas Real Valladolid di La Liga Spanyol. Namun, performa pasukan Ernesto Valverde masih terbilang belum dalam kondisi terbaik. Dalam empat partai terakhir Los Azulgrana tercatat hanya mengemas satu kemenangan dengan tiga lainnya berakhir imbang.

 

Alhasil, berkunjung ke markas Lyon bakal jadi lakon yang sulit untuk Barca mengemas tiga angka penuh, meski telah diperkuat kembali oleh Lionel Messi. Menyadari timnya tidak berada dalam kondisi terbaik usai menang tipis dari Valladolid, Valverde menegaskan, Barca segera kembali ke bentuk terbaiknya.

 

photo

Ernesto Valverde

 

"Dalam sepak bola kemenangan datang dengan caranya sendiri. Meski pun terkadang tak sesuai dengan ekspektasi. Tetapi, laga melawan Lyon akan menjadi tantangan tersendiri bagi kami," kata Valverde selepasa laga dikutip Marca, Senin (18/2).

 

Tekad mencuri angka di markas Lyon tentu jadi landasan utama bagi Luis Suarez cs untuk tampil ngotot sebaik mungkin. Itu, karena selain menjuarai La Liga dan Copa del Rey, gelar Liga Champions jadi fokus utama kesebelasan miliki Josep Maria Bartomeu musim 2018/2019.

 

Lyon belum pernah menang atas Barcelona dalam enam pertemuan sebelumnya. Los Cules sukses memborong empat kemenangan dengan dua lainnya berakhir imbang.

Pertemuan kedua tim juga sebelumnya tersaji di babak 16 besar musim 2008/2009.

 

Messi jadi momok yang patut diwaspadai pasukan Bruno Genesio. Sebab, penyerang asal Argentina itu merupakan pemain paling produktif ketika bersua Les Gones dengan catatan tiga gol dalam empat penampilan.

 

photo

Lionel Messi

 

Di sisi lain, tuan rumah memiliki modal yang cukup baik saat menjamu Barca. Lyon mencatat sembilan laga tanpa tersentuh kekelahan dengan dua kali imbang dan tujuh menang, terutama saat membalikan keadaan 2-1 melawan pemimpin klasemen Ligue 1 PSG.

 

Catatan apik juga ditunjukan Lyon ketika berkelut di babak Grup F. Meski finis sebagai runner up di bawah Manchester City, Lyon tak tersentuh kekalahan, satu menang, lima imbang. Satu kemenangannya pun di toreh ketika menghadapi the Citizens.

 

Fakta Lyon tak pernah menang atas Barca jadi kekhawatiran bagi publik tuan rumah, meski begitu pelatih Bruno Genesio tetap optimistis timnya bisa meredam ambisi kesebelasan peraih lima gelar Liga Champions.

 

Lyon tentu butuh semua pemain terbaiknya untuk mengemban misi berat melawan Barca. Sayang, pada laga kali ini mereka tak akan diperkuat gelandang serang sekaligus sang kapten Nabil Fekir karena larangan skorsing. Mereka juga kehilangan gelandang andalan Ndombele.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA