Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

'Ronaldo Penyundul Terhebat dalam Sejarah Sepak Bola'

Kamis 14 Mar 2019 21:42 WIB

Red: Israr Itah

Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo.

Foto: AP Photo/Luca Bruno
Ronaldo sudah mencetak 123 gol dengan kepala sepanjang kariernya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cristiano Ronaldo merupakan penyundul terhebat dalam sejarah sepak bola. Pendapat ini diutarakan mantan striker Irlandia Tony Cascarino dalam kolomnya di Times, dikutip Reuters, Kamis (14/3).

Ronaldo mencetak hat-trick ke gawang Atletico Madrid untuk membantu Juventus bangkit dari ketinggalan dan lolos ke perempat final Liga Champions dengan agregat 3-2, Rabu (13/3) dini hari WIB. Dua dari tiga golnya berasal dari sundulan. Total, Ronaldo sudah mencetak 123 gol dengan kepala sepanjang kariernya.

Baca Juga

"Ronaldo satu kelas di atas siapa pun yang pernah memainkan permainan ini. Rentang tandukannya yang bisa menghasilkan gol luar biasa," tulis Cascarino.

Ia mengatakan, orang-orang bisa melihat Ronaldo menjentikkan bola dengan kepala dari posisi berdiri, lompatan tinggi dengan kekuatan dan presisi, atau mengarahkannya ke tiang dekat setelah berlari melintasi pemain belakang. Menurut Cascarino, ada banyak ragam tandukan berbeda dan Ronaldo sangat brilian pada semuanya.

Cascarino paling terkesan dengan gol kedua Ronaldo melawan Atletico ketika dia mengarahkan sundulannya ke arah gawang meskipun dia sedang dalam posisi menuju ke bawah ketika bola tiba di kepalanya.

"(Dia) hampir jatuh ke tanah ketika dia terhubung dengan umpan silang Joao Cancelo dan sundulannya gagal dihentikan Jan Oblak. Dia dalam perjalanan turun dari lompatannya dan masih menciptakan begitu banyak kekuatan dengan sundulannya," tulis Cascarino.

Cascarino memuji tinggi, teknik, dan fisik Ronaldo yang memungkinkannya melakukan lompatan tinggi. CR7 dilaporkan dapat melompat setinggi 78 cm, tujuh cm lebih tinggi dari rata-rata pemain bola basket di NBA.

"Bentuk tubuhnya telah berubah banyak selama bertahun-tahun dan dia jelas menghabiskan banyak waktu bekerja pada kekuatan tubuh bagian atasnya. Ini memungkinkan dia mengangkat dirinya ke udara dan ketika berada di udara, dia tidak turun dengan cepat," kata pria yang semasa kariernya juga banyak mencetak gol lewat kepala

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA