Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Dua Gol Awal Liverpool Dinilai Akibat Kesalahan Jordi Alba

Rabu 08 May 2019 12:18 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Endro Yuwanto

Jordi Alba

Jordi Alba

Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Liverpool berhasil menginjakkan kaki di final Liga Champions 2018/2019.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool mempecundangi Barcelona dengan kemenangan empat gol tanpa balas di leg kedua semifinal Ligaa Champions di Anfield Stadion, Rabu (8/5). Dengan agregat 4-3, Liverpool berhasil menginjakkan kaki di final Liga Champions 2018/2019.

Baca Juga

Menurut laporan Marca, dua gol awal yang disarangkan pemain Liverpool ke gawang yang dijaga Marc-Andre ter Stegen disebabkan oleh kesalahan bek kiri Barcelona, Jordi Alba. Pertama, Alba telah melakukan operan yang salah sehingga bola dapat dibaca oleh Sadio Mane untuk diumpankan ke Jordan Henderson.

Setelah mampu melewati adangan Gerard Pique, Henderson melakukan sepakan yang mengarah ke sisi kanan gawang Marc-Andre ter Stegen. Bola yang tak mampu ditangkap sempurna memantul ke arah Divock Origi sehingga mampu dikonversikan menjadi gol pada menit ketujuh.

Selanjutnya, gol kedua Liverpool pada menit ke-53 juga disebabkan oleh Alba. Bek andalan timnas Spanyol itu kembali kehilangan bola pada daerah berbahaya setelah Trent Alexander-Arnold berhasil menjepit bola dari Alba.

Dari samping luar kotak penalti, Arnold berhasil mengirimkan umpan tarik menyilang ke Georginio Wijnaldum yang sedang berlari menuju kotak penalti. Wijnaldum berhasil melepaskan diri dari penjagaan Arturo Vidal kemudian menceploskan bola kebagian tengah Ter Stegen.

Bola sempat mengenai tangan kiri Ter Stegen. Namun bola terus melaju ke jaring gawang dan terjadilah gol kedua oleh Liverpool.

Gol itu membuat gemuruh Anfield tak henti-hentinya untuk memberikan semangat kepada para pemain Liverpool. Tertinggal 2-3 secara agregat, tim asuhan Juergen Klopp masih membutuhkan sebiji gol untuk menyamakan kedudukan.

The Reds terus melancarkan tekanan pada tim tamu. Wijnaldum kembali berhasil mencatatkan namanya di papan sekor di menit ke-55. Kemudian, Origi berhasil menjadi pahlawan 'comeback' Liverpool pada menit 78 setelah menerima umpan bola sudut dari Arnold dengan memanfaatkan kelengahan para pemain Barcelona.

Dengan kemenangan itu, the Reds hanya menunggu hasil antara Ajax Amsterdam melawan Tottenham Hotspur Kamis (9/5) dinihari nanti. Sedangkan, laga final akan tersaji di Wanda Metropolitano, Madrid, Spnyol, pada 2 Juni mendatang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA