Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Tiga Pemain Ini Terdampak Hukuman Mino Raiola

Ahad 12 May 2019 12:07 WIB

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Endro Yuwanto

Mino Raiola

Mino Raiola

Foto: REUTERS/Albert Gea
Agen dalam dunia sepak bola memiliki peran menyangkut negosiasi dengan klub.

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Super Agen kenamaan, Mino Raiola, dijatuhi hukuman oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), Sabtu (11/5). Raiola mendapat larangan selama tiga bulan untuk tidak beraktivitas pada jendela transfer musim panas ini di seluruh dunia.

Untuk diketahui,, perencanaan karier, penasihat keuangan, dan pajak. Karena itu, pemain sepak bola membutuhkan jasa agen agar memuluskan langkah dalam menjajaki industri si kulit bundar.

Akibatnya, sejumlah pemain yang diageni Raiola akan terdampak hukuman itu. Berikut tiga pemain krusial yang bisa saja gagal pindah ke klub.

Matthijs De Ligt

Bintang muda Ajax, Matthijs De Ligt, hampir menyepakati kepindahannya ke Barcelona. Kedua klub dikabarkan telah menyepakati mahar seberapa 70 juta poundsterling pada musim ini.

Namun, kesepakatan itu belum tercapai karena Raiola yang merupakan agen De Ligt meminta imbalan sebesar 20 persen atau sekitar 14 juta poundsterling. Padahal, biaya yang dibayarkan untuk seorang agen hanya sebesar lima persen dari harga penjualan pemain. Kondisi itu bisa semakin memburuk setelah hukuman yang diterima Raiola.

Romelu Lukaku

Sebelum mendapat sanksi dari FIFA, bersama dengan sepupunya, Vincenzo Raiola, Mino Raiola terlebih dahulu dihukum oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC). Keduanya dikenai sanksi tiga bulan (Mino) dan dua bulan (Vincenzo) untuk tidak membantu proses transfer di Italia.

Striker Manchester United, Romelu Lukaku, yang sedang diincar dua klub raksasa Italia, Inter Milan dan Juventus, merupakan pemain yang ditangani Raiola. Keinginan Lukaku untuk bermain di Serie A Italia diperkirakan akan mengalami kendala. Namun, dengan pemindahantanganan agen, kini Lukaku dapat dibantu oleh Federico Pastoerllo sehingga dapat melancarkan proses negosiasi.

Paul Pogba

Keinginan Paul Pogba untuk bermain di Real Madrid akan terganjal. Raiola dipastikan tidak dapat membantu memuluskan kepindahan sang klien. Padahal, Raiola merupakan aktor di balik kepindahan Pogba ke Manchester United pada 2016.

Raiola memang sudah terkenal memiliki kemampuan negosiasi yang ajaib. Dia disebut-sebut mampu menekan klub-klub besar untuk menuruti keinginan kliennya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA