Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Djohar Arifin: Timnas U-19 Masa Depan Sepak Bola Indonesia

Senin 23 Sep 2013 18:37 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi

Pemain Indonesia mengangkat piala dalam pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

Pemain Indonesia mengangkat piala dalam pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Ketua Umum PSSI Djohar Arifin mengungkapkan bahwa Timnas U-19 saat ini adalah proyeksi Timnas Indonesia masa depan. Djohar berjanji akan terus melakukan pembinaan kepada talenta-talenta muda Indonesia tersebut.

"Mereka (para pemain timnas U-19) adalah masa depan cerah sepak bola Indonesia. Harus terus dibina," kata Djohar di Sidoarjo.

PSSI, kata Djohar, akan melakukan pembinaan secara berjenjang. Skuat timnas U-19 yang ada saat ini bakal dipertahankan dan terus diterjunkan untuk mengikuti kompetisi.

Terdekat, Evan Dimas dan kawan-kawan bakal kembali berlaga dalam ajang kualifikasi Piala Asia U-19 2014, Oktober mendatang. Indonesia tergabung di grup G bersama Korea Selatan, Filipina, dan Laos. Skuat Garuda Jaya bakal mengawali perjuangannya melawan Laos di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 8 Oktober.

Bahkan, tambah Djohar, skuat timnas U-19 juga diproyeksikan untuk program jangka panjang. Yakni mengikuti SEA Games 2017 di Malaysia. "Program jangka panjang dan berjenjang ini juga  akan dilakukan dari level terbawah," ucap Djohar.
 
Kesuksesan timnas U-19 mencetak sejarah sebagai juara baru Piala AFF bukanlah didapat secara instan. Mereka sudah disiapkan selama dua tahun dibawah asuhan Indra Sjafri.

Bahkan, hampir semua pemain yang ada merupakan pemain yang berhasil menjadi juara dua tahun berturut-turut pada turnamen invitasi Federasi Sepak Bola Hong Kong tahun 2012 dan 2013. Beberapa diantaranya adalah Ilham Udin, Muchlis Hadi, Samsul, Fatcurohman, Ravi Murdianto, dan I Putu Gede.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA