Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

PSSI Loloskan Lisensi AFC Arema dan Persib Bandung

Kamis 26 Oct 2017 17:50 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Arema vs Persib

Arema vs Persib

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PSSI meloloskan uji lisensi klub profesional bagi dua kesebelasan dari Liga 1 2017. Dua kesebelasan tersebut yakni, Arema FC dan Persib Bandung. Lisensi itu membuat dua klub tersebut berhak tampil di kompetisi level Asia pada 2018.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menjelaskan, lisensi bagi dua kesebelasan itu dikeluarkan pada Kamis (26/10). 

"Lisensi dari federasi nasional punya standar Federasi Sepak Bola Asia (AFC). Perwakilan AFC juga ikut terlibat dalam proses verifikasi lisensi itu," kata Ratu kepada wartawan di Jakarta, Kamis (26/10).

Menurut Ratu, proses verifikasi lisensi klub profesional di Indonesia pada 2017 sudah dimulai sejak Liga 1 dimulai pada April lalu. Akan tetapi, sampai Kamis (26/10) ini, dari 18 klub peserta kompetisi nasional itu, tak semua memprosesnya sampai pungkas.

Padahal, kata Ratu, lisensi tersebut menjadi syarat bagi kesebelasan di Tanah Air agar bisa tampil di Liga Champions Asia dan Piala Asia 2018. Indonesia pada dua gelaran sepak bola Asia itu punya jatah tiga tim. Satu kesebelasan di Liga Champions lewat babak playoff. Dua lagi bisa tampil di Piala AFC.

Syarat klub bisa tampil dalam dua gelaran tersebut, lanjut Ratu, harus memiliki lisensi dari AFC yang pengurusannya lewat federasi di masing-masing negara. PSSI pun sampai 31 Oktober mendatang masih melakukan proses uji lisensi bagi tim-tim Liga 1 yang belum lolos. "Sebab pendaftaran klub-klub nasional menuju Liga Champions dan Piala AFC berakhir pada 22 November tahun berjalan."

Ratu menjelaskan, pendaftaran harus lewat PSSI sebagai anggota AFC yang menjalankan kompetisi lokal. Liga Champions Asia mulai digelar pada 16 Januari dan berakhir sampai 10 November 2018. Terdapat 53 kesebelasan dari 24 negara anggota AFC yang ambil bagian dalam gelaran rutin tersebut. Adapun Piala AFC juga dimulai pada 16 Januari sampai Oktober tahun mendatang. Pada gelaran itu, terdapat 55 kesebelasan dari 34 negara yang terdaftar sebagai anggota AFC.

Ratu melanjutkan, hanya klub yang memiliki lisensi AFC yang bisa tampil. Selain mengharuskan kesebelasan peserta Liga Champions maupun Piala AFC punya lisensi Asia, federasi regional juga punya syarat lain. Yakni tentang peringkat klasemen akhir di kompetisi lokal yang diraih kesebelasan tersebut.

Ratu menerangkan, AFC memberikan aturan hanya tim dari peringkat satu sampai dengan posisi kesembilan yang berhak maju ke Liga Champions dan Piala AFC. Ia mengakui PSSI setuju ketentuan AFC yang memprioritaskan klub-klub di posisi teratas yang bisa tampil. Namun, tim tersebut tetap harus berlisensi AFC.

Persoalannya, jika mengacu aturan tersebut Arema maupun Persib masih sulit bisa tampil. Meski sudah mengantongi lisensi AFC, menengok tangga klasemen pekan ke-32 Liga 1 saat ini, dua klub tersebut masuk tim medioker. Singo Edan berada di peringkat ke-9, sedangkan Maung Bandung tak masuk sepuluh besar karena berada di peringkat ke-12 dengan nilai 30 angka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA