Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Arema Klaim Sudah Dapatkan Lisensi Klub Profesional dari AFC

Kamis 26 Oct 2017 12:32 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah

Para pemain Arema FC (baju biru) saat melawan Sriwijaya FC.

Para pemain Arema FC (baju biru) saat melawan Sriwijaya FC.

Foto: dok Liga Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajamen Arema FC mengklaim telah menerima lisensi klub profesional dari AFC. Proses permohonan dan verifikasi lisensi klub profesional sudah dilakukan sejak 1 April hingga 23 Oktober 2017 secara online. Keputusan memberikan lisensi klub profesional tertuang dalam Surat Keputusan No. 008/CLC-PSSI/X/2017.

"Kami mendaparkan email langsung dari PSSI yang isinya memutuskan memberikan lisensi klub profesional sebagaimana pertimbangan-pertimbangan yang terlampir dalam Surat Keputusan tersebut," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji, Kamis (26/10).

Label klub profesional ini sekaligus penegasan lisensi klub profesional yang sudah didapatkan Arema pada 2014 silam bersama Persipura Jayapura dan Persib Bandung. Sebab, FIFA dan AFC mewajibkan tiap tahun lisensi tersebut harus terus disempurnakan dengan verifikasi ulang.

"Dalam surat tersebut, salah satu pertimbangannya adalah proses club licensing tahun 2017 ini dilakukan sebagai implementasi AFC Club Licensing Regulation dan PSSI Club Licensing Regulation serta sebagai persyaratan keikutsertaan klub di AFC Club Competition tahun 2018," ungkap Sudarmadji.

Selain Singo Edan, Persib Bandung juga dinyatakan lolos dalam verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional dengan standar AFC. Dalam verifikasinya, ada lima aspek yang harus dipenuhi klub agar mendapatkan lisensi klub profesional. Kelima aspek itu adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, dan sporting.

Selanjutnya, selain Arema FC dan Persib Bandung, ada tiga klub lainnya yang diberi kesempatan untuk melengkapi kriteria lisensi tersebut. Ketiga klub tersebut adalah Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta. Ketiganya diberi waktu tiga bulan untuk melengkapinya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA