Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Persija Tersingkir dari Kualifikasi Liga Champions Asia

Selasa 12 Feb 2019 17:39 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah

Liga Champions Asia

Liga Champions Asia

Foto: Internet
Kegagalan ini membuat Persija akan berpartisipasi di Piala AFC.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY — Persija Jakarta tersingkir dari kualifikasi Liga Champions Asia. Ini setelah Macan Kemayoran takluk 1-3 dari Newcastle Jets pada putaran kedua kualifikasi di Stadion McDonald Jones, Newcastle, Australia, Selasa (12/2) sore WIB.

Kekalahan tersebut membuat Persija cuma bisa tampil di Piala AFC 2019. Sedangkan Newcastle akan melangkah ke babak kualifikasi terakhir menghadapi wakil Jepang, Kashima Antlers, Selasa (19/2), untuk bisa tampil di Liga Champions.

Jalannya laga

Jets mengawali pertandingan dengan tampil menekan. Sepuluh menit pertama, Persija nyaris dipaksa bertahan dan bermain setengah lapangan. Dua kali peluang milik tuan rumah terjadi.

Setelah itu, Persija baru mampu keluar dari tekanan dan kemudian balas menyerang. Pada menit ke-15, peluang pertama Macan Kemayoran datang dari sepak pojok oleh gelandang Riko Simanjuntak. Tetapi, bola yang diarahkan ke depan gagang gagal disambut Marko Simic. Sundulannya tidak mengarah ke dalam gawang.

Pada menit ke-18, Riko mencoba peruntungan. Aksi saltonya di area kotak 16 akurat mengarah ke gawang, namun kiper tuan rumah Glen Moss sakti mengadang. Skor 0-0 sampai menit ke-20. Pada menit ke-25, lagi-lagi Riko berusaha membuka keunggulan. Dari luar kotak 16, gelandang asal Pematang Siantar itu melepas sepakan ke arah gawang. Namun keberuntungan belum memihak Persija.

Lepas setengah jam. Persija kembali dalam tekanan. Pada menit ke-31, umpan dari gelandang Kaine Sheppard memberikan peluang kepada Petratos yang menjadi ancaman paling serius bagi gawang Persija pada laga kali ini. Tetapi, Jets belum mampu membuka gol.

Serangan bertubi ke lini pertahanan Persija, tercatat lebih dari empat kali sampai menit ke-40. Paling emas terjadi pada menit ke-38, saat Petratos lagi-lagi menjadi pengancam. Tetapi sepakan keras dari lini kanan itu, berhasil digagalkan kiper Andritany Ardhiyasa. Lima menit menjelang turun minum, skor masih tetap 0-0. Pada menit ke-41, pelatih Persija Ivan Kolev menarik satu pemainnya.

Gelandang Tony Sucipto masuk menggantikan Yan Nasadit. Pelatih Ernie Marrick tak merspons pergantian tersebut. Sebelum turun minum, Persija punya dua peluang membuka keunggulan. Pada menit ke-44 lewat sepakan Tony ke arah gawang dan satu menit berselang saat salto Simic di depan gawang. Tetapi, dua peluang tersebut belum mampu mengubah angka 0-0 di papan skor.

Pada babak kedua, the Jets baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-49. Ronald Vargas jeli berkelit dari kawalan bek Persija Ryuji Utomo. Akibatnya, pemain berangka punggung 10 tersebut tak terjaga menerima umpan silang Roy Donnovan di depan gawang Andritany. Tanpa kesulitan, ia hanya meneruskan bola untuk membuka keunggulan tuan rumah. 

Bomber Alberto ‘Beto’ Goncalves mencoba membalas. Pada menit ke-61, ia memberikan tekanan ke gawang the Jets dengan sepakan akurat ke gawang. Tetapi tendangannya masih bisa diamankan kiper Glen Moss. Pada menit ke-71, giliran Marko Simic mencoba menyamakan kedudukan. Namun sundulannya juga bisa dimentahkan Moss.

Usaha para pemain Macan Kemayoran baru membuahkan hasil pada menit ke-72. Berawal dari sepak pojok Riko Simanjutak, bola mengarah ke gelandang Ramdani Lestaluhu. Ia menyambut bola di udara dan mengarahkan si kulit bundar ke dalam gawang lawan. Satu pemain belakang the Jets mencoba mengantisipasi, tapi sia-sia karena bola sundulan Ramdani berhasil melewati garis gawang. 

Skor 1-1 membuat intensitas pertandingan meninggi. Persija yang awalnya dampak bermain defensif, mulai berani bermain terbuka. The Jets, yang sejak awal pertandingan agresif menyerang, sempat dibikin kerepotan di lini belakang. Tetapi skor 1-1 bertahan panjang. Sampai menit ke-90, skor tersebut tetap. Wasit pun terpaksa meminta kedua kesebelasan bermain pada babak tambahan.

Jets kembali unggul pada menit ke-101 lewat gol Nigel Boogard memanfaatkan sepak pojok oleh Dimitri Petratos. Semenit berselang, Simic berusaha membalas, tapi gagal. Babak pertama tambahan waktu berakhir.

Kedua tim bermain terbuka pada babak kedua tambahan waktu. Tapi sundulan dari gelandang Matthew Ridenton sesaat sebelum laga berakhis membuyarkan ambisi Persija untuk menyamakan skor. Ridenton menyambut sempurna umpan tendangan bebas Nick Cowburn untuk membuat angka di papan skor menjadi 3-1.

Kekalahan ini membuat Persija akan mengisi satu slot di Grup G Piala AFC 2019. Macan Kemayoran bergabung bersama Ceres Negros (Filipina), Becamex Bin Durong (Vietnam), serta Shan United (Myanmar). Selain Persija, wakil lain dari Indonesia di Piala AFC musim ini, yakni PSM Makassar yang tergabung di Grup H. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA