Selasa, 12 Rajab 1440 / 19 Maret 2019

Selasa, 12 Rajab 1440 / 19 Maret 2019

Persib Vs Tira Persikabo Jadi Pembuka Piala Presiden 2019

Selasa 19 Feb 2019 20:25 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden 2019 Iwan Budianto (tengah) mengangkat tangan bersama Wakil Ketua Harsiwi Achmad (kiri) dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (kanan) usai konferensi pers dan drawing Piala Presiden 2019 di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden 2019 Iwan Budianto (tengah) mengangkat tangan bersama Wakil Ketua Harsiwi Achmad (kiri) dan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (kanan) usai konferensi pers dan drawing Piala Presiden 2019 di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Turnamen Piala Presiden tahun ini akan diikuti oleh 20 klub.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Turnamen pramusim Piala Presiden 2019 resmi dimulai pada Sabtu (2/3) dan akan dibuka dengan laga Persib Bandung kontra Tira-Persikabo. Kemudian disusul laga antara Persebaya Surabaya kontra Perseru Serui yang juga bertanding di hari yang sama di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung.

Ketua Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019 Iwan Budianto mengatakan, sebanyak 20 klub bakal berlaga pada lima grup yang akan berlangsung di lima kota berbeda, yakni di Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

"Saya ucapkan terima kasih akhirnya turnamen Piala Presiden bisa digelar. Ini turnamen yang keempat dan sangat ditunggu klub-klub dan penggemar sepak bola di republik ini," kata Iwan Budianto dalam jumpa pers di Hotel Sultan, Jakarta, pada Selasa (19/2).

Iwan menambahkan, saat ini baru ada 19 klub yang mengkonfirmasi keikutsertaanya, satu klub sisanya masih belum mengkonfirmasi lantaran komposisi tim yang belum pasti. Pihak panitia, kata dia, telah menyediakan skema andai klub yang bersangkutan batal ikut. "Kami sudah menyiapkan antara peringkat 17 atau 18 Liga 1 atau peringkat lima dan enam Liga 2 sebagai pengganti," jelas dia.

Iwan yang juga wakil ketua umum PSSI itu berharap turnamen pramusim ini bisa menjadi momentum yang baik bagi klub-klub peserta, terutama klub Liga 1 untuk mempersiapkan diri jelang kompetisi Liga 1 2019 yang akan digelar pada Mei 2019.

"Piala Presiden adalah event yang digelar sebagai pramusim. Selalu digelar satu atau dua bulan sebelum kompetisi reguler dimulai. Sifat turnamen ini adalah pramusim, jadi murni untuk klub peserta mempersiapkan diri sebelum berlaga di Liga 1," ujar Iwan.

Piala Presiden 2019 dijadwalkan mencapai puncak pada 9 dan 12 April 2019. Untuk pertama kalinya, turnamen yang sudah memasuki edisi keempat itu menggelar laga final dengan sistem kandang dan tandang.

20 Klub Peserta Piala Presiden 2019

 

Grup A: Persib Bandung sebagai tuan rumah, klub lainnya, yakni PS Tira Persikabo, Perseru Serui, dan Persebaya Surabaya.

Grup B: Bhayangkara FC sebagai tuan rumah, klub lainnya Semen Padang, Bali United, dan Mitra kukar.

Grup C: PSIS Semarang sebagai tuan rumah, klub lainnya Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan Kalteng Putra.

Grup D: PSS Sleman sebagai tuan rumah, klub lainnya Madura United, Persija Jakarta, dan Borneo FC.

Grup E: Arema FC sebagai tuan rumah, klub lainnya Barito Putera, Persita Tangerang, dan Persela Lamongan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA