Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Sabtu, 17 Zulqaidah 1440 / 20 Juli 2019

Hadapi Jadwal Padat, Persija Optimistis Raih Hasil Maksimal

Senin 02 Apr 2018 16:54 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto

Stefano Cugurra Teco

Stefano Cugurra Teco

Foto: Dok Persija
Prioritas Macan Kemayoran saat ini meraih hasil maksimal saat menjamu JDT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persija Jakarta optimistis bisa melewati jadwal padat pertandingan pekan ini dengan gemilang. Rotasi pemain menjadi jalan ringkas bagi tim pelatih agar skuat Macan Kemayoran bisa melewati dua pertandingan pekan ini dengan hasil yang memuaskan.

Persija, pada Jumat (6/4) nanti akan terbang ke Sumatra Utara (Sumut) menantang PSMS Medan. Duel kedua kesebelasan di Stadion Teladan nanti menjadi laga pekan ketiga kompetisi Liga 1 2018.

Selang empat hari setelah tandang ke Medan, pada Selasa (10/4), Persija akan melakoni laga krusial pertandingan kelima babak penyisihan Grup H Piala AFC 2018. Persija akan menjamu klub wakil Malaysia, Johor Darul Tazim (JDT) di Stadion Gelora Utama Bung Karno (GBK) Jakarta.

Pelatih Persija Stefano Cuggura Teco menilai, dua partai pertandingan melawan PSMS dan menjamu JDT sama pentingnya. Tetapi, kata dia, prioritas bagi timnya saat ini meraih hasil maksimal saat menjamu JDT. "Itu (melawan JDT) benar-benar (pertandingan) penting bagi Persija," kata dia dalam laman resmi klub, Senin (2/4).

Pertandingan menjamu JDT nanti memang lebih krusial bagi Persija. Laga kedua kesebelasan nanti merupakan pertandingan leg kedua. Kedua kesebelasan kini sama-sama mengemas tujuh angka di papan klasemen sementara. Persija memang berada di posisi yang lebih baik dengan menempati peringkat kedua. Sedangkan, JDT di peringkat ketiga.

Namun JDT unggul head to head atas Persija setelah kedua kesebelasan mengakhiri pertandingan leg pertama dengan skor telak 3-0 untuk JDT, pada Februari lalu. "Kami harus bisa menang untuk melewati JDT," ujar Teco. Kemenangan dari JDT nanti menjadi syarat mutlak bagi Persija untuk memegang ambisi lolos fase grup.

Adapun Melawan PSMS, Persija bukannya menganggap enteng. Perjumpaan kedua kesebelasan nanti menjadi pertandingan ketiga bagi kedua tim saat ini. Macan Kemayoran pernah menundukkan Ayam Kinantan pada dua pertandingan saat babak semifinal Piala Presiden 2018, Februari lalu, dengan skor 4-1 dan 1-0.

Pengalaman menang telak dari skuat asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut, membuat Tecco sepertinya tak menurunkan para penggawa utamanya. Barisan lapis dua sepertinya akan mendominasi skuat Macan Kemayoran saat tandang ke markas PSMS. "Kami harus lihat pemain. Yang penting kami punya 30 pemain. Pemain lain harus siap membantu tim," jelasnya.

Jadwal padat pertandingan pekan ini pun membuat Teco tak memberikan waktu bagi timnya untuk berlibur. Ia sudah kembali melakukan jadwal latihan bagi Ismed Sofyan dan kawan-kawan pada Senin (2/4) di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Padahal, pada Sabtu (31/3), Persija juga baru melewati laga besar menjamu Arema FC di pertandingan pekan kedua Liga 1. "Saya hanya memberikan libur satu hari kepada pemain," ujar Tecco.

Saat menjamu Singo Edan, di GBK pekan kemarin, Persija menang 3-1. Kemenangan tersebut membuat Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan berada di peringkat kedua klasemen sementara.

Persija mengoleksi empat angka lantaran di laga perdana Liga 1, Jumat (23/3), juara bertahan Bhayangkara FC berhasil menahan imbang tanpa gol Persija. Hasil tiga angka dari PSMS memberikan peluang bagi Persija untuk bisa menggusur PSM Makassar yang saat ini menjadi pamuncak klasemen dengan modal enam angka di papan hasil tanding sementara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA