Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Kalahkan Persib, Persija Naik ke Posisi 4 Klasemen Sementara

Sabtu 30 Jun 2018 20:42 WIB

Rep: Bambang Noroyono/Hartifiany Praisra/ Red: Hazliansyah

Persija vs Persib

Persija vs Persib

Foto: Indonesiansc.com
Persija menang 1-0 berkat gol dari Jaimerson Da Silva

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Persija Jakarta mengakhiri laga tunda Liga 1 2018 kontra Persib Bandung dengan kemenangan. Laga antara kedua kesebelasan di Lapangan PTIK Jakarta pada Sabtu (30/6) berakhir dengan skor tipis 1-0.

Tiga angka dari laga menjamu Persib kali ini, membuat Persija terdongkrak ke posisi atas klasemen. Kini Macan Kemayoran berada di peringkat ke-4 dengan nilai 20 angka. Tim asuhan pelatih Stefano Cugurra Teco itu, pun masih menyisakan satu laga tunda melawan Perseru Serui sebelum menggenapkan pekan ke-13 Liga 1.

Sementara Persib, kekalahan kali ini membuat tim asuhan pelatih Mario Gomez tersebut tertahan di papan tengah. Maung Bandung stagnan di peringkat ke-9 dengan nilai 18. Klub berjuluk Pangeran Biru itu juga masih menyisakan satu laga kontra Persebaya Surabaya sebelum menggenapkan pekan ke-13.

Membuka laga, Persib sebetulnya tampil menekan. Namun Persija mampu mengimbangi dan memberikan ancaman. Para penggawa Maung Bandung punya peluang membuka keunggulan cepat pada menit kedua. Yaitu ketika pemain belakang Macan Kemayoran, Rezaldi Hehanusa menjatuhkan paksa Ezechiel di kotak 16.

Wasit memberikan sepakan bebas kepada Persib. Tetapi sayang Ink-yun sebagai eksekutor gagal membungkam kiper Andritany Ardhiyasa. Lepas itu, jual beli serangan terjadi antara kedua kesebelasan. Namun kedua kesebelasan sama-sama buntu selama 10 menit pertandingan.

Peluang balasan juga terjadi pada menit ke-14. Sepakan voli dari kaki kiri Simic keras mengarah ke gawang. Tapi kiper Natshir Fadhil berhasil mengamankan bola ke luar lapangan, dan memberikan hadiah sepak pojok kepada Persija.

Lewat sepak pojok inilah tim Macan Kemayoran berhasil mengubah pertandingan. Sepakan dari Ismed Sofyan mengarahkan bola kepada Simic. Striker asal Kroasia itu menyambut dengan kepala dan mengarahkan bola ke gawang. Kiper Natshir mampu membaca laju bola. Namun Natshir tak berhasil menangkap si kulit bundar.

Bola malah mengarah ke arah Jamerson da Silva yang membantu serangan. Bola setinggi kepala, dia sambut dengan tendangan salto. Tendangan tersebut akhirnya membungkam Persib. Skor menjadi 1-0.

Menit 41, Andritany meninju bola yang berada dibawah kekuasaan Persib. Menjelang akhir pertandingan, Ghozali mendapat hadiah kartu kuning karena menjegal Riko. Babak pertama berakhir dengan 1-0 untuk Persija.

Awal babak kedua dimulai dengan serangan Persija. Menit 46, Persib kembali gagal menjebol gawang Andritany. Dua peluang tendangan pojok untuk Persib di menit 56 gagal dimanfaatkan Persib.

Menit 73, Persib mendapat hadiah tendangan bebas, eksekusi Inkyun kembali gagal. Menit 78, Gomez menarik Febri dan menggantikannya dengan Airlangga. Sementara Teco mengganti Rizki Lestaluhu dengan Fitra Ridwan.

Tujuh menit akhir pertandingan, Riko terpaksa ditarik keluar lapangan, Addison masuk menggantikannya. Sisa pertandingan diisi dengan saling serang dan banyaknya pemain yang jatuh.

Jelang akhir babak 2, Gomez menaruh Indra Mustafa untuk menggantikan Ardi Idrus. Asri Akbar turut diturunkan Teco untuk menggantikan Sandi. Tambahan waktu empat menit tidak berhasil dimanfaatkan Persib untuk membalikkan keadaan. Hasil akhir 1-0 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Atas hasil tersebut, Persija merangkak naik ke posisi empat klasemen sementara Liga 1 dengan raihan 20 poin. Sementara Persib turun satu peringkat ke peringkat 9 dengan 18 poin.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA