Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Babak Pertama, Indonesia Ungguli Thailand 1-0

Sabtu 11 Aug 2018 19:52 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hazliansyah

Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia U-16 pada laga semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (9/8).

Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi Alfikri (kiri) melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Malaysia U-16 pada laga semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (9/8).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Gol Garuda Asia dicetak Fajar Fathur pada menit ke-32

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Tim nasional Indonesia U-16 berhasil mengungguli Thailand 1-0 pada babak pertama partai puncak Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora, Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (11/8) malam WIB. Gol Garuda Asia dicetak Fajar Fathur pada menit ke-32.

Menghadapi Thailand U-16, Garuda Asia tampil dengan kekuatan terbaiknya. Di lini depan, Indonesia U-16 kembali berharap pada ketajaman Bagus Kahfi, yang masih duduk sebagai pencetak gol terbanyak sementara di ajang Piala AFF U-16 2018 dengan torehan 12 gol. Pun dengan Thailand U-16. Pencetak gol kemenangan Thailand atas Myanmar di babak semifinal, Thanarin Thumsen, mengisi satu tempat di lini tengah.

Pada 10 menit awal babak pertama, kedua tim langsung bermain terbuka dan melakukan jual-beli serangan. Dengan kecepatan para pemain-pemainnya, Indonesia terus menggempur lini belakang lawan. Sedangkan Thailand berusaha lepas dari tekanan Indonesia dan sesekali melancarkan serangan balik cepat.

Pada menit ke-13, Garuda Asia mendapatkan peluang pertamanya. Setelah menerima umpan terobosan dari Andre di depan kotak penalti, Bagus bisa lepas dari kawalan penjaga bertahan Thailand dan langsung melepas tendangan mendatar ke arah gawang Thailand. Sayangnya, bola membentur tiang kiri gawang Thailand.

Hingga pertengahan babak pertama, Indonesia U-16 berhasil meraih peluang. Kali ini giliran Supriadi. Bahkan, Supriadi sudah mampu merobek gawang Thailand. Namun wasit menganulir gol tersebut lantaran pemain didikan Diklat Ragunan itu sudah berada dalam posisi offiside saat menerima umpan.

Akhirnya pada menit ke-32, tim besutan Fakhri Husaini berhasil memecahkan kebuntuan. Adalah Fajar Fathur, yang masuk menggantikan Amanar Abdillah pada awal babak pertama, yang mampu mencatatkan namanya di papan skor.

Hanya dengan satu sentuhan, pemain didikan ASAD 313 sukses menaklukan kiper Thailand setelah mampu menerima umpan lambung terobosan dari Andre.

Satu menit pasca kebobolan, Thailand U-16 langsung melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia U-16. Beruntung, barisan pertahanan Indonesia U-16 masih mampu mematahkan serangan tim besutan Thongchai Rungreangleas tersebut.

Setelah tiga menit masa perpanjangan waktu babak pertama, papan skor tidak berubah. Indonesia U-16 mampu unggul satu gol lewat torehan Fajar Fathur.

Pada sepanjang laga babak pertama, Indonesia memang mampu tampil dominan. Tercatat, Indonesia setidaknya mampu melepaskan lebih dari tiga kali tembakan ke arah gawang, sementara Thailand hanya sekali mengancam gawang tim tuan rumah.

Susunan pemain:

Indonesia U-16 (4-3-3)
Pelatih: Fakhri Husaini
Kiper: Ernando Ari Staryadi;
Belakang: Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh, Yudha Febrian;
Tengah: David Maulana, Brylian Negiehta, Andre Oktaviansyah;
Depan: Mochammad Supriadi, Bagus Kahfi, Amanar Abdillah.

Thailand U-16 (4-3-3)
Pelatih: Thongchai Rungreangleas
Kiper: Taweesri;
Belakang: Arthit Bua-Ngam, Chatmongkol P, Jakkrapong S, Pongsakom I;
Tengah: Thanarin Thumsen, Sarawut S, Thanakrit;
Depan: Sattawas Leela, Sitthinan Pungrueang, Thodsawat Aunkongrat


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA