Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Singapura Vs Indonesia: Selalu Sengit Melawan The Lion

Jumat 09 Nov 2018 08:14 WIB

Red: Israr Itah

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti (kiri) memimpin jalannya latihan timnas Indonesia di Stadion Nasional, Singapura, Kamis (8/11/2018).

Foto:
Kedua tim akan bentrok pada laga pembuka Grup B turnamen Piala AFF 2018.

Pelatih 

Di bawah asuhan Fandi Ahmad yang ditunjuk menangani tim sejak Mei 2018, Singapura sejatinya memiliki pertahanan yang apik. Dari tiga laga persahabatan internasional Singapura mulai September 2018, skuat The Lions selalu menang, membuat enam gol dan kebobolan satu.

Demi AFF 2018, Fandi pun telah melaksanakan program pemusatan latihan di Osaka, Jepang, selama dua pekan. Meski hasil-hasil latih tanding di sana dinilainya tidak terlalu bagus, Fandi menganggap timnya sudah membangun sebuah kemajuan.

Fandi yang baru pertama kali melatih di Piala AFF juga tidak segan meletakkan kepercayaan kepada nama-nama muda ke skuat nasional Singapura, seperti Ihsan Fandi (20 tahun) yang sudah mencetak tiga gol dari delapan laga untuk Singapura. 

Ihsan merupakan anak dari Fandi Ahmad, sama seperti Irfan Fandi, bek yang baru berumur 21 tahun pada 13 Agustus 2018. 

Di kubu Indonesia, Bima Sakti juga berstatus sebagai pelatih anyar yang debut di Piala AFF 2018. 

Ditunjuk sebagai pelatih sementara setelah juru taktik sebelumnya Luis Milla tak mau memperpanjang kontraknya yang berakhir Agustus 2018, Bima telah menunaikan tiga laga persahabatan resmi FIFA dengan torehan dua kali menang dan sekali seri. Dalam rentang itu, anak-anak asuhnya menciptakan lima gol serta hanya sekali kebobolan.

Pencapaian itu membuat Bima sukses mendapatkan kontrak baru dari PSSI pada Oktober 2018. Tugas berat menanti asisten pelatih timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018 ini. Dia ditargetkan menjadi juara di Piala AFF 2018 dengan persiapan yang singkat. 

Akan tetapi, Bima tidak menyerah sebelum bertanding. Dia terbantu dengan keberadaan 16 pemain jebolan Asian Games 2018 di timnya yang memudahkan adaptasi taktik.

Kemudian, demi merekatkan hubungan antarpemain, Bima menerapkan kesetaraan di mana dirinya menganggap tidak ada pemain yang lebih tinggi statusnya daripada yang lain. 

"Semua pemain adalah pemain inti," ujar dia.

Menilik kondisi serta kualitas yang ada skuat Indonesia saat ini, tim Garuda pantas diunggulkan untuk meraih kemenangan atas Singapura. Penting bagi para pemain untuk meningkatkan fokus dan konsentarasi agar Singapura tak berhasil membobol gawang Indonesia.

Timnas Indonesia menghadapi Singapura dalam laga tandang Grup B Piala AFF 2018 pada Jumat (9/11) di Stadion Nasional, Singapura, mulai pukul 20.00 waktu Singapura atau pukul 19.00 WIB.

Indonesia membutuhkan tiga poin guna memuluskan jalan lolos dari Grup B yang, selain Singapura dan Indonesia, juga diisi Timor Leste, Filipina dan juara bertahan Thailand. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA