Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Jumat, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Babak Pertama, Indonesia Vs Filipina Belum Ada Gol

Ahad 25 Nov 2018 20:00 WIB

Red: Hazliansyah

Riko Simanjuntak (kanan) menggocek bola dari sergapan bek Thailand Thitiphan Puangjan (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11)

Riko Simanjuntak (kanan) menggocek bola dari sergapan bek Thailand Thitiphan Puangjan (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11)

Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Indonesia menurunkan duet Riko-Andik di sayap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak ada gol yang terjadi di babak pertama antara timnas sepak bola Indonesia melawan Filipina. Laga babak pertama antara kedua kesebelasan pada pertandingan keempat babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Ahad (25/11) berakhir dengan skor imbang 0-0. 

Pelatih Bima Sakti Tukiman mempertahankan terapan bermain 4-2-3-1. Striker Alberto 'Beto' Goncalves masih andalan di lini serang bersama gelandang tengah Stefano Lilipaly. Gelandang sayap Riko Simanjuntak, bersama Andik vermansyah kembali mendapatkan jam main pertama.

Di kubu lawan, pelatih Even Goran Eriksson bermain dalam formasi 4-4-2. Ia mengandalkan duet striker James Younghusband dan Patrick Reichelt di lini serang.

Memulai kick off, Beto dan Lilipaly inisiatif menekan di lini pertahanan. Sepak pojok pertama dari Garuda pada menit kedua mencoba membuka peluang. Filipina membalas dengan serangan balik.

Dari sektor kanan umpan silang ke depan gawang Indonesia disambut gelandang Stephan Schrock. Bola liar sempat terjadi, Schrock melepas sepakan ke gawang. Namun bola meggelinding ke luar lapangan.

Di menit kelima, Indonesia kembali mendapat sepak pojok. Tapi peluang membuat gol belum makbul. Dominasi serangan dari sektor kanan Garuda, membuat Riko tampak aktif. Beberapa kali umpan ia sorongkan ke depan gawang. Namun Beto dan Lilipaly belum menampakkan tajinya.

Pada menit kesembilan, sepak bebas Andik mengumpan bola ke depan gawang. Hansamu Yama menyambut dengan kepala. Sayang sundulannya masih meleset.

Papan skor belum terisi sampai menit ke-10. Peluang Lilipaly saat menerima umpan lambung dari Putu Gede Antara pada menit ke-13 juga gagal.

Filipina tampak tertekan. Sampai menit ke-20, Indonesia unggul dalam penguasaan bola. Pada menit ke-25, pelatih Eriksson terpaksa menarik satu strikernya. Younghusband yang terkapar di lapangan ditarik keluar. Posisinya digantikan Curt Jordan Dizon. Sampai setengah jam pertandingan, skor masih 0-0.

Evan Dimas spekulasi melepas sepakan bebas ke arah gawang Filipina dari tengah lapangan. Namun tendangan kerasnnya juga masih melenceng.

Lima menit menjelang turun, para penggawa Garuda seperti menurunkan intensitas menyerang. Giliran para pemain the Azkals yang mencoba menekan di lini pertahanan tuan rumah.

Namun upaya membuka keunggulan dari pemain tamu, pun buntu. Sampai menit ke-45, skor tetap 0-0. Babak pertama ditutup dengan skor tanpa gol.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA