Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Jumat, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 Desember 2019

Thailand Tantang Indonesia di Final Piala AFF U-22

Ahad 24 Feb 2019 22:40 WIB

Red: Ratna Puspita

Ilustrasi Piala AFF U-22 2019.

Ilustrasi Piala AFF U-22 2019.

Foto: aseanfootball.org
Kedua tim diharuskan melakoni drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol.

REPUBLIKA.CO.ID, PHONM PENH -- Tim nasional Thailand U-22 menantang Indonesia di partai final Piala AFF U-22. Thailand lolos ke final setelah berhasil menyingkirkan tuan rumah lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 5-3 dalam laga semifinal di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Ahad (24/2) malam.

Kedua tim diharuskan melakoni drama adu penalti setelah bermain imbang tanpa gol dalam 90 menit waktu normal dan 2x15 menit babak tambahan. Thailand sebetulnya sempat dua kali memperoleh peluang berbahaya di babak tambahan kedua, tetapi dua kali pula percobaan mereka ditolak oleh mistar gawang, yakni sepakan Kittipong Sansanit dan tendangan bebas Korawich Tasa.

Lima algojo Thailand dalam drama adu penalti berhasil menyarangkan bola ke gawang Kamboja yang dikawal kiper Hul Kumhuy dari titik putih. Mereka, secara berurutan, yakni kapten Saringkan Promsupa, penyerang Ritthidet Phensawat, gelandang Jedsadakorn Kowngam, penyerang Korawich Tasa dan bek Marco Ballini.

Kumhuy sebetulnya sempat menepis tendangan pamungkas dari Ballini. Namun, ia tak mampu menghentikan bola untuk tetap melesak ke dalam gawangya sehingga memastikan kemenangan Thailand.

Sebab, penendang ketiga Kamboja Narong Kakada gagal melakukan tugasnya dengan baik ketika mengarahkan bola ke tengah, tetapi terlalu tinggi dan membentur bagian atas mistar gawang sebelum keluar lapangan. Dengan demikian, Thailand bakal menghadapi Indonesia di partai final Piala AFF U-22 yang berlangsung pada Selasa (26/2) malam di Stadion Nasional.

photo
Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri (tengah) bersama tim ofisial Indonesia dan para pemain menyapa para pendukung Timnas Indonesia seusai pertandingan Semi Final Piala AFF U-22 melawan Vietnam di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Ahad (24/2/2019). (ANTARA)

Pertemuan dengan Thailand sayangnya kurang sesuai dengan keinginan Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, yang berharap bisa kembali bertemu tuan rumah di partai final. "Saya pingin Kamboja, supaya ditonton lebih banyak orang di stadion," kata Indra dalam jumpa pers purnalaga, merujuk pada kondisi tribun Stadion Nasional yang hanya dipadati penonton ketika Kamboja bermain saja.

Indonesia lolos ke final setelah berhasil melewati Vietnam dengan kemenangan 1-0 di laga semifinal. Garuda Muda menang berkat gol semata wayang dari tendangan bebas Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah.

Sebelum Indonesia bertemu Thailand di partai final, Vietnam dan Kamboja akan terlebih dulu berhadapan dalam laga perebutan tempat ketiga pada Selasa (26/2) sore. Ini akan menjadi kali pertama tuan rumah tampil ketika matahari masih terik menyinari permukaan lapangan Stadion Nasional, sepanjang turnamen AFF U-22.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA