Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Friday, 14 Sya'ban 1440 / 19 April 2019

Ezra Walian Yakin Bisa Kembali Perkuat Timnas Indonesia

Sabtu 23 Mar 2019 13:50 WIB

Red: Andri Saubani

  Pemain sepakbola Indonesia Ezra Walian melakukan swafoto bersama suporter usai melawan Kamboja pada kualifikasi Sepakbola SEA Games 2017 Kuala Lumpurdi Stadion Shah Alam, malaysia, Kamis (24/8).

Pemain sepakbola Indonesia Ezra Walian melakukan swafoto bersama suporter usai melawan Kamboja pada kualifikasi Sepakbola SEA Games 2017 Kuala Lumpurdi Stadion Shah Alam, malaysia, Kamis (24/8).

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
FIFA melarang Ezra Walian bermain untuk timnas U-23 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Penyerang naturalisasi Ezra Waliam merasa yakin dirinya bisa kembali memperkuat tim nasional Indonesia meski saat ini dia dilarang bermain untuk timnas di laga-laga dan turnamen resmi oleh FIFA. Ezra saat ini tetap berada di Vietnam mendampingi timnas U-23 yang sedang melakoni laga Kualifikasi Piala AFC U-23.

"Saya yakin semua akan baik-baik saja dan saya bisa bermain kembali untuk timnas Indonesia," ujar Ezra ketika di temui di Kompleks Lapangan VFF, Hanoi, Vietnam, Sabtu (23/3).

Pemain berusia 21 tahun itu pun tidak putus harapan kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dianggapnya akan serius menangani polemik dirinya di timnas. "Saya tahu PSSI bekerja keras untuk menangani persoalan itu," kata Ezra.

Penyerang klub RKC Waalwijk di Belanda tersebut mengakui masih sulit baginya menerima vonis dari FIFA. Apalagi, kebijakan itu dikeluarkan ketika dia sudah mencurahkan fokus untuk timnas U-23 Indonesia yang berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23.

"Saat ini semua terasa sulit bagi saya. Saya sedih, tetapi bagaimanapun ini adalah keputusan FIFA," tutur Ezra.

Ezra Walian tidak diperkenankan tampil untuk tim nasional Indonesia sejak Kamis (21/3) atau sebelum laga perdana kualifikasi Piala Asia U-23 2020 AFC di Vietnam oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang mendakwanya melanggar aturan yang tercantum di Statuta FIFA. Ezra, yang dinaturalisasi menjadi WNI pada 2017, dinilai tidak memenuhi syarat berlaga di timnas Indonesia karena pernah bermain di timnas U-17 Belanda di Kualifikasi Piala Eropa U-17 pada 2013.

Akan tetapi, FIFA tetap membuka peluang kepada PSSI untuk menyodorkan dokumen atau bukti resmi yang bisa menggugurkan keputusan tersebut. PSSI sendiri sudah menyatakan akan terus memperjuangkan tempat Ezra di timnas Indonesia.

Di tengah keputusan FIFA, Ezra Walian tetap tinggal di Vietnam demi memberikan dukungan kepada rekan-rekannya sampai kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020 usai pada Selasa (26/3). Dia tampak bersama sang ayah Glenn Arthur di bangku penonton saat timnas U-23 berlaga kontra Thailand di laga perdana Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2020, Jumat (22/3), yang berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Thailand.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA