Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Pelatih Vanuatu Kecewa dengan Performa Timnya

Ahad 16 Jun 2019 05:24 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pesepak bola timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata (kanan) berusaha menghadang tendangan dari pesepak bola timnas Vanuatu Kensi Tangis (kiri) saat pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Pesepak bola timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata (kanan) berusaha menghadang tendangan dari pesepak bola timnas Vanuatu Kensi Tangis (kiri) saat pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Pelatih menilai tim Vanuatu tidak menjalankan rencana pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional Vanuatu Paul Munster kecewa melihat performa skuatnya saat berhadapan dengan Indonesia dalam laga persahabatan FIFA di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (15/6). Tim Vanuatu kalah 6-0.

Baca Juga

"Kami melakukan banyak kesalahan terutama dari individu pemain. Kami terlalu banyak memainkan bola di lini belakang, kehilangan penguasaan bola dan tidak menjalankan rencana pertandingan," ujar Munster usai laga d Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu malam.

Menurut pelatih asal Irlandia Utara tersebut, sejatinya dia berharap lebih kepada anak-anak asuhnya. Seharusnya mereka tidak kalah dengan skor sebesar itu. "Kami sebenarnya bisa bermain lebih baik," kata dia.

Selain penampilan pemain, ada beberapa hal lain yang dianggapnya memengaruhi hasil tersebut. Salah satunya, nama-nama yang diturunkan Munster di Jakarta adalah pemain muda. Laga di Indonesia bahkan menjadi pertandingan pertama mereka di Asia.

Lalu, pemainnya kelelahan karena perjalanan yang panjang ke Indonesia. Selain itu, mereka juga baru menuntaskan turnamen persahabatan tiga negara pada 4 dan 10 Juni 2019, di mana Vanuatu menghadapi Tahiti dan Fiji.

"Stamina kami turun terutama di babak kedua," tutur Munster.

Terakhir, absennya dua pilar mereka yakni bek Brian Kaltak (bermain di Auckland City, Selandia Baru) dan gelandang Mitch Cooper (Hume City, Australia) juga dianggap berdampak pada tim.

Brian dan Mitch adalah dua pemain yang dinilai paling berpengalaman dan berpengaruh di skuat. "Kami kehilangan mereka. Ketika tidak ada pemain bagus yang menjadi pemimpin di lapangan, skuat kami yang banyak pemain muda tampil kesulitan," ujar pelatih berumur 37 tahun itu.

Meski demikian, dengan segala situasi yang ada, Munster tetap mengapresiasi usaha keras para pemainnya di lapangan.

Mereka telah berjibaku dengan susah payah agar gol lain tidak tercipta. "Mereka dapat menahan permainan Indonesia sehingga kami tidak kalah dengan skor 7-0 atau 10-0," tutur Munster.

Timnas Indonesia mengalahkan Vanuatu dengan skor 6-0 dalam laga persahabatan FIFA yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Penyerang Alberto Goncalves mencetak empat gol dalam laga tersebut yaitu pada menit kedua. Adapun dua gol lain dihadirkan oleh Evan Dimas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA