Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Beto Quat-trick, Timnas Gulung Vanuatu 6-0

Sabtu 15 Jun 2019 20:36 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Pesepak bola timnas Indonesia Alberto Goncalves melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Vanuatu pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Pesepak bola timnas Indonesia Alberto Goncalves melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Vanuatu pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/6/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Beto mengelontorkan empat gol ke gawang Vanuatu yang dijaga Dick Taiwia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia memetik kemenangan besar dalam laga persahabatan internasional kontra Vanuatu. Indonesia menggulung Vanuatu 6-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6).

Alberto Goncalves menjadi bintang laga ini. Beto mengelontorkan empat gol ke gawang Vanuatu yang dijaga Dick Taiwia. Dua gol lainnya datang dari Evan Dimas Darmono.

Baca Juga

Jalannya laga

Skuat Garuda tak membutuhkan waktu lama untuk menggetarkan gawang Vanuatu. Sepakan terukur Alberto Goncalves saat laga belum genap dua menit membuat tim asuhan Simon McMenemy itu langsung memimpin. 

Permainan terbuka ditawarkan Indonesia dengan formasi 4-4-2 pola diamond. Riko Simanjuntak di sayap kanan bersama Andik Vermansah di sisi kiri, membuat aliran bola lebih banyak datang dari samping.

Riko memberi umpan silang dari kanan ke arah Irfan Bachdim yang langsung memantulkan bola ke arah Evan Dimas yang berdiri bebas. Tak ayal, Evan langsung melancarkan sepakan keras dari luar kotak penalti menaklukkan kiper Vanuatu, Dick Taiwia pada menit ke-18.

Pada awal babak kedua, timnas sempat memainkan bola di belakang menunggu para pemain Vanuatu terpancing. Kemudian dalam suatu gerakan cepat, Andik merangsek dari sisi kiri dan langsung memberikan umpan lambung ke arah Beto. Umpan yang datang tepat kearahnya langsung dimanfaatkan dengan baik dengan tandukan yang menghasilkan gol ketiga Indonesia pada menit ke-48.

Beto mencetak hat-trick pada menit ke-61, lagi-lagi berkat Andik. Ia menggiring dengan cepat bola dari sayap kanan dan mengoper ke Beto. Pemain naturalisasi asal Brasil yang berdiri bebas dengan mudah membawa Indonesia memimpin 4-0.

Striker berusia 38 tahun itu kembali mencetak gol keempatnya, empat menit berselang. Sama seperti gol pada awal babak kedua, Beto menyambut umpan Andik dengan sundulan.

Pada menit ke-74, Evan Dimas menggenapkan setengah lusin gol skuat Garuda. Operan datar pemain pengganti, Dedik Setiawan diselesaikan Dimas dengan tendangan mendatar.

Susunan Pemain:

Indonesia (4-4-2)

Andritany (Setho 70'), Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Yustinus Paew (Novri 66'), Evan Dimas (Arthur 77'), Zulfiandi, Riko Simanjuntak (Febri 58'), Andik Vermansyah, Alberto Goncalves (Dedik 68'), Irfan Bachdim (Rizky 80')

Vanuatu (4-4-2)

Dick Taiwa, Selwyn Vatu (Jonathan 70'), Joseph Solo, Michaek Kalmalap, Daniel Natou, John Alick Bong Kalo, Elkington (Andre 45'), Kensi Tangis (Kapten), Tony Kaltak (Azariah 66')

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA