Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

PSSI: Rencana Penggunaan VAR Masuki Tahap Lanjut

Senin 17 Jun 2019 23:26 WIB

Red: Bayu Hermawan

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dalam acara Launching Shopee Liga 1 2019, di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria dalam acara Launching Shopee Liga 1 2019, di Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (13/5).

Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
PSSI dikabarkan telah menghubungi penyedia teknologi VAR tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, rencana penggunaan video bantu wasit (VAR) di Liga 1 Indonesia sudah memasuki tahap lanjut. PSSI dikabarkan telah menghubungi penyedia teknologi VAR tersebut.

"PSSI sudah membuka pembicaraan dengan provider atau penyedia teknologi VAR," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tishan Destria di Jakarta, Senin (17/6).

Ratu Tishan melanjutkan, PSSI siap menjalani semua protokol dan regulasi FIFA terkait VAR. PSSI pun sudah mengajukan penggunaan VAR kepada FIFA dan prosesnya akan dimulai dengan penyusunan jadwal untuk pelatihan bagi wasit.

Dalam penggunaan VAR, setidak-tidaknya ada tiga operator yang terdiri dari dua wasit dan satu operator berlisensi. Selain itu ada empat orang wasit serta asisten di lapangan yang telah melewati pelatihan khusus.

Operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) diminta oleh PSSI untuk membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur terkait VAR. PSSI sendiri menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA. Adapun penggunaan VAR untuk Liga 1 diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif PSSI pada akhir bulan Mei 2019.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA