Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Thursday, 16 Jumadil Akhir 1440 / 21 February 2019

Emery Sebut Arsenal Butuh Penyegaran Setelah Era Wenger

Jumat 23 Nov 2018 08:46 WIB

Rep: MGROL114/ Red: Israr Itah

Unai Emery

Unai Emery

Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Pelatih asal Spanyol ini menikmati bulan-bulan awal yang menggembirakan.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Unai Emery menyebutkan klub membutuhkan udara segar setelah 22 tahun ditangani Arsene Wenger. Ia mengatakan mengambil alih tim dalam keadaan yang tidak bagus. Namun, pelatih asal Spanyol ini menikmati bulan-bulan awal yang menggembirakan sebagai pengganti Wenger.

“Saat ini sangat sulit bagi pelatih untuk tetap tinggal 22 tahun di klub yang sama. Namun sekarang kami harus mengatur ulang sistem yang ada pada tim agar menjadi lebih baik lagi,” ujar Unai Emery dalam wawancara dengan Marca, Kamis (22/11).

Baca Juga

Mantan pelatih Paris Saint-Germain ini telah membuat permainan Arsenal berkembang dari pertandingan ke pertandingan lain. Arsenal tampil mengesankan dalam beberapa pertandingan musim ini. Mereka hanya terpaut tiga poin dari posisi empat besar Liga Inggris.

Kedatangan Emery ke Arsenal telah menyuntikkan energi baru kedalam tim yang membuat permainan the Gunners lebih berkembang. Emery telah mengubah cara bertahan Arsenal menjadi lebih tangguh dan memberikan permainan yang lebih agresif untuk lini serang tim. Hebatnya perubahan ini secara mengejutkan telah dengan cepat diadopsi oleh para pemainnya.

Bernd Leno telah memantapkan dirinya sebagai kiper pilihan pertama di depan Petr Cech. Sementara Lucas Torreira yang tak kenal lelah telah menjadi salah satu pemain penting di lini tengan Arsenal.

Emery mengatakan dia telah bertemu Wenger sejak diangkat sebagai penggantinya. Walaupun memiliki rasa hormat kepada pendahulunya, namun emery bersikeras bahwa perubahan harus dilakukan dalam tim jika ingin tampil lebih baik.

Emery membawa perubahan pada permainan the Gunners diawali dengan mengubah pola latihan dan kebiasaan pemain. Ia menerapkan aturan hingga ke makanan yang boleh dikonsumsi pemain agar meraih bisa memberikan penampilan yang terbaik. Ia tidak masalah jika ia dibilang sebagai pelatih yang teliti.

"Saya telah mengatakan pada diri sendiri itu adalah hal yang positif, tetapi itu juga bisa negatif, bahwa Anda terlalu mengatur pemain," kata Emery.

Arsenal akan bertandang ke markas Bournemouth pada Ahad (25/11), dan mencoba mendapatkan tiga poin. Itu demi menjaga posisi di papan atas klasemen Liga Inggris. Emery mengatakan kalau tujuannya saat ini adalah bisa masuk ke empat besar klasemen.

"Kami perlu memberi tim dorongan lagi untuk meraih tiga poin. Tujuan kami adalah berada di empat besar tetapi itu tidak mudah. Semakin sulit untuk sampai di sana," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA