Wednesday, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 January 2019

Wednesday, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 January 2019

Tiga Gol Tandukan Bawa Southampton Bungkam Arsenal

Ahad 16 Dec 2018 22:37 WIB

Red: Israr Itah

Danny Ings saat mencetak gol pertama Southampton ke gawang Arsenal.

Danny Ings saat mencetak gol pertama Southampton ke gawang Arsenal.

Foto: Adam Davy/PA via AP
the Gunners takluk 2-3 dari Southampton dalam laga pekan ke-17 di Stadion St Mary's.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON -- Arsenal menelan kekalahan ketiga di Liga Primer Inggris musim ini. Di luar dugaan, the Gunners takluk 2-3 dari Southampton dalam laga pekan ke-17 di Stadion St Mary's, Southampton, Ahad (16/12). Tiga gol yang bersarang ke gawang Bernd Leno berasal dari tandukan.

Hasil ini menghentikan catatan apik Arsenal yang sebelumnya tak terkalahkan dalam 14 pertandingan di Liga Primer Inggris dan 22 di semua kompetisi.

Baca Juga

Danny Ings menjadi masalah di lini pertahanan Arsenal sepanjang babak pertama. Dua kali penyerang the Saints ini menjebol gawang Bernd Leno.

Ings membuka keunggulan timnya lewat gol pada menit ke-20. Gol berawal dari Matt Target yang menyisir pertahanan Arsenal dari sisi kiri. Ia kemudian mengirimkan umpan ke depan gawang Arsenal. Ings berlari menyambut bola, yang melambung tipis di kepala salah satu bek Arsenal, dengan tandukan ke tiang dekat yang tak bisa dicegah Leno.

Skor ini hanya bertahan delapan menit setelah Henrikh Mkhitaryan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol balasan Arsenal juga tercipta lewat tandukan. Nacho Monreal yang berada di sayap kiri melepaskan umpan ke depan gawang the Saints, tepat di titik putih. Mkhitaryan yang tak terjaga menanduk bola dengan keras. Si kulit bundar dipantulkan ke rumput sehingga sergapan kiper Alex McCarthy lolos tak bisa menangkap bola.

Tapi Ings kemudian membawa timnya masuk ke ruang ganti dengan keunggulan 2-1. Ia menjebol gawang leno untuk kali kedua pada menit ke-44. Kali ini golnya lebih indah. Sebab, saat menyambut operan cungkil Nathan Redmond sedikit di luar kotak penalti, Ings dalam posisi dijaga. Leno juga tampak lebih siap. Tapi Ings mampu menempatkan badannya dengan baik untuk menyambut bola dengan kepala dan melambungkannya ke tiang jauh. Leno hanya bisa terdiam menyaksikan bola mengarah ke sisi yang mustahil dijangkaunya. Turun minum, Southampton memimpin 2-1.

Arsenal yang tak mau kehilangan poin dari tim zona degradasi langsung tancap gas pada babak kedua. Hasilnya, Mkhitaryan menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Sepakannya di tepi kotak penalti mengenai kaki bek Jannick Vestergaard dan mengecoh Alex McCarthy. Skor berubah menjadi 2-2.

Arsenal makin bersemangat untuk mencari gol kemenangan. Tapi Southampton tampil apik menutup semua alur bola berbahaya ke gawang mereka. Justru tuan rumah yang kembali unggul setelah Charlie Austin menjebol gawang Leno untuk kali ketiga.

Gol berawal dari salah operan pemain Arsenal. The Saints kemudian melancarkan serangan balik dari sisi kanan. Shane Long yang menjaga bola menanti Austin yang berlari di sisi jauh. Ia kemudian melepaskan umpan lambung yang sangat sempurna. Bola bergerak parabola, sedikit melewati jangkauan tangan Leno yang berusaha mengadangnya, dan menuju ke kepala Austin yang dengan mudah menanduknya ke gawang kosong. Publik St Mary's kemudian meledak.

Dengan sisa waktu, Southamtpon bertahan sempurna. Hingga lima menit tambahan waktu usai, Southampton mampu mempertahankan skor. Saat wasit Chris Kavanagh meniup peluit panjang, pelatih baru Southampton Ralp Hasenhuettl melompat kegirangan karena berhasil mempersembahkan kemenangan perdana dari dua laga bertugas. Ini kemenangan pertama dalam 10 laga Southampton.

Southampton sementara keluar dari zona degradasi menghuni atau posisi 17 dengan nilai 12. Burnley yang sebelumnya berada di posisi 17 harus turun ke peringkat 18 atau batas atas zona merah. Sementara Arsenal tetap menempati posisi lima dengan nilai 34.

Sumber : Arsenal
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA