Rabu, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 Januari 2019

Rabu, 17 Jumadil Awwal 1440 / 23 Januari 2019

Chelsea Amankan Tiga Angka dari Markas Brighton

Ahad 16 Des 2018 22:43 WIB

Red: Israr Itah

Eden Hazard

Eden Hazard

Foto: AP Photo/Matt Dunham
Sayangnya, Eden Hazard harus menjadi tumbal kemenangan dengan cedera yang ia terima.

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, BRIGHTON -- Chelsea hampir saja kehilangan poin saat bertandang ke markas Brighton and Hove Albion di Stadion Amex, dalam laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris. Mendapatkan perlawanan ketat tuan rumah, The Blues akhirnya mampu menang 2-1. Sayangnya, Eden Hazard harus menjadi tumbal kemenangan dengan cedera yang ia terima pada pengujung laga.

Keberhasilan memetik poin penuh ini membawa Chelsea mempertahankan posisinya di peringkat keempat klasemen sementara Liga Primer Inggris. Dari 17 laga, tim asal London Barat itu mengemas 37 poin, tertinggal dua angka dari peringkat ketiga, Tottenham Hotspur, dan tujuh poin dari pemuncak klasemen sementara, Manchester City. Adapun Brighton tetap di posisi ke-13 dengan nilai 21.

Baca Juga

Dominasi Chelsea atas Brighton sudah terlihat sejak awal. Para penggawa The Blues hanya butuh 17 menit untuk bisa membobol gawang tim tuan rumah. Pedro Rodriguez membawa Chelsea unggul usai memanfaatkan umpan dari Eden Hazard. Winger asal Spanyol itu merangsek dari sisi kiri pertahanan Brighton, dan dengan mudah menaklukan kiper Brighton, Ryan, setelah menerima umpan dari Hazard. Ini menjadi gol keenam Pedro pada musim ini. 

Sementara buat Hazard, sodoran umpan ke Pedro ini merupakan asisst kesembilan gelandang asal Belgia itu di kancah Liga Primer Inggris musim ini. Namun, kontribusi Hazard di laga ini tidak hanya berhenti di situ. Eks winger Lille itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-33. 

Berawal dari kesalahan passing yang dilakukan salah satu penggawa Brighton, Willian berhasil merebut bola. Gelandang asal Brasil itu kemudian melepaskan umpan terobosan ke Hazard, yang melepaskan tembakan terarah ke tiang dekat tanpa bisa dihalau Ryan. Gol Hazard ini sekaligus menutup keunggulan The Blues atas The Seagulls pada babak pertama. 

Sepanjang babak pertama, Chelsea terbukti mampu menguasai permainan dengan penguasaan bola sebanyak 61 persen. Bahkan, The Blues sukses mencetak dua gol dari tiga shot on target, sementara Brighton tidak bisa mengembangkan permainan dan hanya mengemas satu shot on goal dari dua kali tembakan. 

Namun, usaha Chelsea untuk menambah keunggulan pada babak kedua sempat terhalang mistar gawang. Sepakan keras Marcos Alonso pada menit ke-63 hanya mampu membentur mistar gawang Brighton. Tiga menit berselang, The Blues malah kebobolan lewat torehan Solly March. Winger Brighton tersebut melepaskan tendangan voli tanpa bisa dihalau kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. March memanfaatkan tandukan dari Bernardo, usai menerima umpan dari sayap kanan pertahanan Chelsea. 

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, langsung bereaksi dengan melakukan pergantian pemain. Ruben Loftus-Cheek masuk menggantikan Pedro. Akhir laga, para pemain Chelsea sepertinya mulai kehilangan konsentrasi dan kendali permainan. Giliran Brighton yang menebar ancaman. Sarri kemudian memasukkan Ross Barkley menggantikan Mateo Kovacic. Malang buat Hazard, sebuah pelanggara yang diterima pada menit ke-83 mengharuskan dia mengakhiri laga lebih awal. Posisi Hazard langsung digantikan oleh Olivier Giroud. Chelsea akhirnya mampu mempertahankan keunggulan 2-1 hingga laga usai.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA