Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Selasa, 14 Jumadil Akhir 1440 / 19 Februari 2019

Final Kepagian di Stadion Emirates

Jumat 25 Jan 2019 05:23 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Citra Listya Rini

Markas Arsenal, Stadion Emirates, London.

Markas Arsenal, Stadion Emirates, London.

Arsenal mewaspadai laju tak terkalahkan Iblis Merah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  —  Partai final kepagian tersaji pada putaran keempat Piala FA 2018/2019 antara tuan rumah Arsenal melawan Manchester United. Kedua tim yang sedang on fire bakal saling tikam di Stadion Emirates, Sabtu (26/1) dini hari WIB.

Jalannya laga dipastikan bakal sengit antara kedua tim pengoleksi terbanyak Piala FA. The Gunners mengoleksi 13 trofi, sedangkan Iblis Merah sebanyak 12 trofi. Baik Arsenal maupun Manchester United sedang dalam tren positif mengarungi kompetisi musim ini.

 

Tuan rumah Arsenal terbukti sedang mencapai puncak seusai mengalahkan Chelsea di Derby London akhir pekan lalu. Kemenangan di Liga Primer Inggris itu memperbaiki reputasi tim Meriam London. Ini mengingat Arsenal sempat menelan empat kekalahan dari 10 laga terakhirnya. Sisanya, lima kemenangan dan satu hasil imbang. 

 

Arsenal dan Manchester United baru sekali berjumpa musim 2018/2019 ini tepatnya di Liga Primer Inggris. Laga di Old Trafford pada 5 Desember 2018 itu, ketika Iblis Merah masih dilatih Jose Mourinho yang berakhir imbang 2-2.

 

Kini, Arsenal dan Manchester United bertemu lagi, tapi kali ini di ajang Piala FA. Kondisi skuat Iblis Merah kali ini berbeda saat masih ditukangi Mourinho. Sejak dinahkodai Ole Gunnar Solskjaer, klub yang bermarkas di Old Trafford itu belum tersentuh kekalahan di semua kompetisi. Status waspada pun dilihat skuat London Merah.  

 

photo

Unai Emery

 

“Manchester United memiliki gaya bermain berbeda meski mempunyai pemain yang sama. Ditambah mereka memperlihatkan performa terbaik dalam beberapa laga terakhir," kata pelatih Arsenal Unai Emery dikutip laman resmi klub, Kamis (24/1).

 

Juru taktik berusia 47 tahun itu mengaku sempat menyaksikan laga Iblis Merah melawan Brighton Hove Albion. Emery terkesima peran para pemain dan racikan Solskjaer. Namun, pelatih asal Spanyol itu tak takut meladeni skuat Iblis Merah. Apalagi timnya memiliki senjata mematikan saat ini, yakni Pierre-Emerick Aubameyang.

 

"Bagi kami sangat bagus karena laga ini ibarat ujian sangat berharga bagi tim. Manchester United dan Arsenal telah memainkan 20 final di Piala FA, kami memenangkan 13 gelar dan mereka 12,” kata Emery.

 

Menjelang laga di Stadion Emirates, Iblis Merah optimistis mampu memperpanjang rekor tak terkalahkan. Gelandang serang Manchester United Juan Mata menegaskan, timnya tak boleh berpuas diri dan terus mempertahankan penampilan terbaiknya.

 

"Kami tahu sedang berada di jalur positif. Akan tetapi, bagian terpenting musim ini masih berada di depan, kami harus terus melanjutkan kemenangan jika ingin mencapai target," kata Mata dikutip laman resmi klub.

 

Pelatih interim Iblis Merah, Solskjaer, juga memilih tetap membumi menjelang laga saling jegal di London. Ole, sapaan akrab Solskjaer, memuji reputasi yang dimiliki Emery dalam menangani Arsenal. Ia pun mengaku pantas menjadi penerus pelatih hebat seperti Arsene Wenger.

 

photo

Ole Gunnar Solskjaer

 

"Emery telah membuat penandatanganan yang sangat bagus, dan secara taktik dia sangat bagus. Saya tidak tahu tim apa yang akan dia mainkan, dia punya banyak taktik berbeda," kata Solskjaer dikutip Manchester Evening.

 

Solskjaer diprediksi bakal menurunkan beberapa pemain berbeda pada starting utama tim. Penyerang asal Cile Alexis Sanchez dikabarkan akan merumput sejak menit awal. 

 

FAKTA ANGKA

8 Manchester United telah memenangkan delapan kali laga melawan Arsenal di Liga Primer Inggris dalam kurun waktu 11 tahun terakhir.

82 Arsenal memenangkan 82 pertandingan saat bertemu Iblis Merah di seluruh kompetisi.

96 Manchester United mengantongi 96 kemenangan ketika menghadapai Arsenal dalam seluruh pertemuan.

51 Sebanyak 51 laga Arsenal melawan Iblis Merah berakhir imbang.

229 Kedua tim telah bertemu sebanyak 229 laga di semua kompetisi.

320 Arsenal mengoleksi 320 gol di semua kompetisi melawan Iblis Merah. 

350 Manchester United mengoleksi 350 gol di semua kompetisi meladeni Arsenal. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES