Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Klub Terboros pada Musim Dingin Ini

Kamis 07 Feb 2019 04:51 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Citra Listya Rini

Gonzalo Higuain

Gonzalo Higuain

Foto: Twitter Chelsea
Ada lima klub terboros selama bursa transfer Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN    Bursa transfer musim dingin 2019 resmi berakhir. Beberapa klub top di kompetisi elite benua biru sudah mendapatkan amunisi yang dibutuhkan. Meski tak ada rekor fantastis, namun ada beberapa hal yang menarik dari bursa transfer Januari.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah kepindahkan Gonzalo Higuain ke Chelsea. El Pipita bereuni dengan Maurizio Sarri di Chelsea. Bomber asal Argentina itu berseragam Chelsea dengan status pemain pinjaman dari Juventus.

Predikat tim terboros di Negeri Ratu Elizabeth jatuh kepada Chelsea dan AFC Bournemouth. The Blues telah mengeluarkan 73 euro dengan hanya mendatangkan dua pemain anyarnya, Higuain dan Christian Pulisic.

Dilansir Marca, Rabu (6/2), harga Pulisic yakni 64 juta euro dan 9 juta euro milik Higuain dengan kesepakatan awal pinjaman. The Blues belum dapat menggunakan Pulisic karena pemain langsung dipinjamkan ke Borussia Dortmund hingga musim panas mendatang.

photo
Nathaniel Clyne

Sementara itu, Bournemouth menjadi salah satu klub terboros di musim dingin karena mendatangkan duo Liverpool Nathaniel Clyne (dengan status pinjaman) dan Dominic Solanke.

Nama terakhir didatangkan dari Anfield ke Dean Court dengan transfer permanen. Chris Mepham juga bergabung dengan klub Bournemouth. Total pengeluaran Bournemouth sekitar 37,5 juta euro pada musim dingin ini.

Klub Inggris lainnya yang berbelanja pada bursa transfer Januari adalah Newcastle United. Total belanja klub yang bermarkas di St James' Park itu sebesar 24 juta euro. The Magpies mendatangkan Miguel Almiron dari Atlanta United senilai 24 juta euro.

Beralih ke Italia, AC Milan berada jauh di depan barisan klub-klub elite Eropa yang berbelanja besar pada Januari 2019. Meskipun sedang berjuang dengan masalah Financial Fair Play (FFP), Rossoneri sangat aktif di pasar. Milan mendatangkan Krzysztof Piatek dan Lucas Paqueta.

Total Milan menggelontorkan dana sebesar 70 juta euro dengan masing-masing pemain berharga 35 juta euro plus bonus. Namun, kedua pemain membayar banderol mahal tersebut dengan tampil impresif di atas lapangan hijau.

Meski demikian, Direktur Olahraga Milan Leonardo Araujo sempat mengatakan, kehadiran dua pemain pada mercato kali ini bukanlah bentuk investasi beresiko. "Ini justru merupakan anggaran penting. Kami tahu tentang modal yang kami miliki, tetap investasi tersebut Penting," kata Leonardo dikutip Football Italia.

photo
Krzysztof Piatek

Pembelian Piatek pun sejauh ini efektif buat Milan. Piatek sudah melahirkan tiga gol dari tiga laga terakhir bersama Milan di semua kompetisi. Sementara itu, Paqueta sukses menyumbang dua assist ketika Milan menang atas Napoli di Coppa Italia dan imbang melawan AS Roma.

Berbicara klub boros tentu saja terselip nama Paris Saint-Germain (PSG). Klub kaya raya Prancis itu selalu aktif di pasar. Namun, klub asal Paris itu hanya membeli satu pemain pada bursa transfer musim dingin, yaitu Leandro Paredes dari Zenit St Petersburg.

Paredes dibeli seharga 40 juta euro. Pemain asal Argentina itu dikontrak sampai 30 Juni 2023. Sebetulnya, PSG ingin merekrut Idrissa Gueye tetapi Everton menolak permintaan Les Parisiens.

Pengeluaran Klub

Chelsea 
Total belanja: 73 juta euro
 
AC Milan 
Total belanja: 70 juta euro
 
PSG
Total belanja: 40 juta euro
 
AFC Bournemouth
Total belanja: 37,5 juta euro
 
Newcastle United
Total belanja: 24 juta euro
 
Sumber: Marca

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA