Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Laga Bergengsi di Old Trafford

Ahad 24 Feb 2019 05:49 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Citra Listya Rini

Stadion Old Trafford Manchester United

Stadion Old Trafford Manchester United

Foto: AP/Jon Super
Derbi Barat Laut antara Manchester United dan Liverpool telah tersaji sejak 1894.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER  —  Gara-gara Liverpool, Jose Mourinho dipecat oleh Manchester United bulan Desember tahun lalu. Pada pertemuan pertama musim 2018/2019 ini tepatnya pekan ke-17, Iblis Merah dipermak Liverpool dengan skor 1-3.

Sejak didepaknya Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer masuk sebagai pelatih interim Manchester United. Klub yang bermarkas di Old Trafford itu bangkit dari keterpurukan di bawah kendali the Baby-Faced Assassin. 

David de Gea cs belum tersentuh kekalahan di Liga Primer Inggris. Tercatat dari sembilan laga, sudah menang 8 kali dan 1 kali imbang. Sebanyak 23 gol lahir dari para pemain Manchester United dan baru kebobolan enam gol. Di Piala FA, Ander Herrera cs juga sukses mengalahkan Reading, Arsenal dan Chelsea. 

Satu-satunya tim yang menodai catatan manis Solskjaer bersama Manchesrer United adalah klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Laga melawan Liverpool di Old Trafford pada Ahad (24/2) malam WIB nanti pun bakal menjadi ujian berat Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu mengatakan, Liverpool menjadi tantangan berat bagi timnya.

Apalagi melihat catatan klub Merseyside itu yang baru kalah sekali sepanjang musim ini di liga domestik. Solskjaer menyadari pertemuan timnya dengan Liverpool di Old Trafford tidak akan berjalan mudah.

photo
Ole Gunnar Solskjaer
 
Dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (23/2), Solskjaer mengatakan, laga melawan Liverpool sebuah pertandingan besar untuk bukan hanya untuk para pemain dan staf Iblis Merah, tetapi juga suporter. 
 
Solskjaer ingin kembali membawa Manchester United sebagai tim yang menakutkan. Ini mengingat sejak ditanganinya, Iblis Merah mampu meredam Tottenham Hotspur, Arsenal dan Chelsea. "Ini bukan soal gengsi semata,” kata Solskjaer.
 
Kedua tim sudah berjumpa 201 kali sejak 28 April 1894. Iblis Merah mendominasi kemenangan dari 201 pertemuan dengan mencatatkan 80 kemenangan. Liverpool menang 66 kali dan sisanya 55 kali berakhir imbang. Kekalahan terakhir Iblis Merah dari Liverpool adalah Desember lalu. 
 
Berbicara pertandingan kandang, lagi-lagi Manchester United mencatatkan hasil lebih dominan dengan 49 kemenangan dari 95 laga. Namun yang membuat pelatih Liverpool Juergen Klopp khawatir bukanlah catatan-catatan itu. Melainkan kebangkitan Manchester United yang bisa membahayakan timnya.
 
Pelatih asal Jerman itu mengatakan, Manchester United sedang dalam kepercayaan tinggi mengarungi kompetisi.  ‘’Pertandingan melawan Manchester United boleh dibilang big match. Kami menyadari laga bakal sengit di Old Trafford,’’ ujar Klopp dikutip dari laman resmi klub.
 
Menjelang Derbi Barat Laut di Old Trafford, Klopp sudah mempelajari skuat tuan rumah. Menurut pelatih berkacamata itu, Manchester United kuat secara fisik, bertahan dan menyerang dengan baik. Ia bahkan menyaksikan saat Iblis Merah melawan Chelsea di Piala FA. Klopp menilai cara bermain Manchester United saat ini jelas berbeda dibandingkan sebelumnya.
 
photo
Juergen Klopp
 
Kabar baik datang dari Manchester United, Anthony Martial dan Jesse Lingard kemungkinan bisa merumput di Old Trafford. Begitu juga Liverpool merayakan kembalinya Virgil Van Dijk, meski tidak akan diperkuat oleh Dejan Lovren. Nama Paul Pogba dan Mohamed Salah tentu saja bakal diturunkan untuk melakoni laga sarat gengsi ini. 
 
Kemenangan dari Manchester United sangatlah penting buat Liverpool. Ini mengingat Liverpool saat ini memiliki angka yang sama dengan Manchester City, yakni 65, hanya kalah selisih gol. Namun, the Citizens sudah memainkan satu pertandingan lebih banyak.
 
Jika kalah di Old Trafford, maka peluang juara Liverpool bisa saja memudar menjuarai Liga Primer inggris musim ini. Manchester United juga membutuhkan kemenangan dari Liverpool demi memantapkan posisi empat besar klasemen.
 
 

Statistik di Liga Primer inggris 

  • Pertandingan: 53
  • Manchester United menang: 28
  • Gol Manchester United: 76
  • Imbang: 11
  • Liverpool menang: 14
  • Gol Liverpool: 60
 
Fakta Kedua Tim
  • Manchester United mengoleksi tujuh kemenangan dari sembilan laga menjamu Liverpool.
  • Liverpool hanya sekali menelan kekalahan dari 13 laga tandang di Liga Primer Inggris.
  • Kedua tim sejauh ini sudah 201 kali bertemu.
  • Saat menjadi tuan rumah dalam lima pertemuan terakhir di Liga Primer Inggris, Manchester United sukses tiga kali mengalahkan Liverpool. 

Lima Pertemuan Terakhir

  • 16-12-2018 Liverpool 3-1 Manchester United (Liga Primer inggris) 
  • 10-03-2018 Manchester United 2-1 Liverpool (Liga Primer inggris)
  • 14-10-2017 Liverpool 0-0 Manchester United (Liga Primer inggris)
  • 15-01-2017 Manchester United 1-1 Liverpool (Liga Primer inggris)
  • 18-10-2016 Liverpool 0-0 Manchester United (Liga Primer inggris)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA