Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Wednesday, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Kala Salah Menjawab Kritik One Season Wonder

Jumat 28 Dec 2018 21:36 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Penyerang Liverpool Mohamed Salah.

Penyerang Liverpool Mohamed Salah.

Foto: REPUBLIKA
Salah dianggap kehilangan ketajamannya pada awal musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Hattrick ke gawang Bournemouth di kancah Liga Primer Inggris, awal bulan ini, seolah menjadi jawaban yang diberikan Mohamed Salah terkait kritik yang dialamatkan kepada dirinya. Maklum, sebelumnya sebutan ''One Season Wonder'' sempat disematkan kepada penyerang asal Mesir tersebut.

Sebutan itu muncul lantaran Salah dianggap kehilangan ketajamannya pada awal musim ini. Hanya mencetak lima gol di 11 laga awal Liverpool di semua ajang membuat Salah diragukan untuk bisa mengulangi penampilan impresif pada musim lalu, saat mengakhiri Liga Primer Inggris sebagai top skorer dengan torehan 32 gol.

Namun, secara perlahan, Salah mulai membuktikan kualitasnya. Pemain yang berposisi asli sebagai winger itu kembali menemukan sentuhan di depan gawang. Eks winger Chelsea itu pun menyumbang satu gol kala Liverpool membenamkan Newcastle United 4-0, pada pekan ke-18 Liga Primer Inggris, tengah pekan ini.

Torehan itu menjadi gol ke-12 Salah dari 18 laga Liga Primer Inggris. Penyerang berusia 26 tahun itu hanya kalah satu gol dari catatan gol milik penyerang Arsenal, Pierre Emerick Aubameyang.

Namun, Salah lebih baik dibanding Aubameyang dalam urusan konsistensi mencetak gol. Mantan penyerang AS Roma itu menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol di 10 laga Liga Primer Inggris musim ini.

Kemampuan Salah bukan hanya menyelesaikan serangan, tapi juga menyediakan kesempatan pada rekan setimnya untuk mencetak gol. Salah telah mencatat enam asisst di arena Liga Primer Inggris.

Catatan ini merupakan torehan asisst tertinggi di antara semua pemain Liverpool. Bahkan, dua rekan setimnya di lini serang, Roberto Firmino dan Sadio Mane, baru mencatatkan tiga asisst. Kemampuan membuka ruang, menganggu konsentrasi lawan, finishing, dan kecepatan menjadi kekuatan utama Salah.

Semua kualitas inilah yang diharapkan bakal kembali ditunjukkan Salah kala Liverpool menghadapi Arsenal, Ahad (30/12) dini hari WIB. Pelatih Juergen Klopp tidak pernah meragukan kemampuan pemain yang telah mencetak lebih dari 40 gol dari 52 penampilan di Liga Primer Inggris tersebut.

''Pada awal musim, dia menempati posisi yang sedikit berbeda dan kondisi fisiknya juga belum 100 persen. Namun, kami tidak pernah meragukan kualitas yang dia miliki. Dia tetap tampil dengan impresif dan dia merupakan salah satu bagian penting dalam skema finishing kami,'' kata Klopp seperti dilansir Liverpool Echo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA