Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Liverpool Ungguli Arsenal 4-1 pada Duel Sengit Babak Pertama

Ahad 30 Dec 2018 01:22 WIB

Red: Israr Itah

Para pemain Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang Arsenal.

Para pemain Liverpool merayakan gol Roberto Firmino ke gawang Arsenal.

Foto: AP Photo/Rui Vieira)
Sejak awal laga, kedua tim sudah menciptakan sejumlah peluang.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Harapan pecinta si kulit bundar akan suguhan sepak bola kelas satu tersaji pada babak pertama laga Liverpool kontra Arsenal. Sepanjang 45 menit, kedua tim menyuguhkan permainan sepak bola menyerang nan apik di Stadion Anfield, markas Liverpool. Hasilnya, Liverpool unggul jauh 4-1 pada laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris, Ahad (30/12).

Sejak awal laga, kedua tim sudah menciptakan sejumlah peluang mencetak gol. Sadio Mane dan Mohamed Salah di kubu Liverpool dan Aaron Ramsey di pihak Arsenal bisa saja membuka skor lebih cepat andai sedikit lebih beruntung.

Gol benar-benar tercipta pada menit ke-11 lewat Ainsley Maitland-Niles. Berawal dari kesalahan Dejan Lovren yang kehilangan bola di tengah, Alex Iwobi berlari mengiris sisi kanan pertahanan Liverpool. Ia kemudian melepaskan umpan lambung sempurna ke tiang jauh yang disambut Ainsley Maitland-Niles untuk membawa Arsenal memimpin.

Tapi keunggulan ini tak bertahan lama. Liverpool menyamakan kedudukan 1-1 melalui Roberto Firmino hanya tiga menit berselang. Berawal dari operan Firmino ke Mohamed Salah di kotak penalti, bola liar yang hendak disapu bek Arsenal justru memantul kembali ke arah Firmino di depan gawang. Tanpa kesulitan, Firmino tinggal meneruskan bola ke gawang kosong.

Menit ke-16, giliran Liverpool memimpin. Kali ini, Firmino mencetak gol indah lewat skill individu. Berawal dari kesalahan operan dari pemain Liverpool di tengah, bola dipotong oleh Mane dan memantul ke arah Firmino. Penyerang asal Brasil ini kemudian menggiring bola melewati tiga pemain Arsenal. Dengan dingin, ia menaklukkan Bernd Leno untuk kali kedua dengan tendangan yang diarahkan ke sebelah kiri sang kiper.

Arsenal merespons dengan meningkatkan serangan dan tekanan. Tapi para pemain Liverpool bermain tenang mengatur bola, meskipun para pemain tim tamu tak henti mengejar mereka. Andai kehilangan bola di area sendiri, para pemain Liverpool cepat bergerak menutup alur operan dan pergerakan pemain Arsenal.

The Reds memanfaatkan kelengahan Arsenal dalam mengantisipasi situasi bola mati untuk memperbesar keunggulan pada menit ke-32. Bek Arsenal menyapu bola sepak pojok dengan tendangan kencang ke pertahanan Liverpool. Para pemain tim tamu kemudian naik untuk memasang jebakan offiside, namun gagal.

Bek Liverpool yang menerima bola mengirimkan si kulit bundar ke Salah yang menanti di sisi kanan pertahanan Arsenal. Lepas dari jebakan offside, Salah kemudian melepas bola diagonal ke Mane di depan gawang yang dengan mudah menaklukkan Leno.

Arsenal semain sengsara setelah mendapatkan hukuman penalti pada menit kedua injury time. Salah yang berakselerasi dijatuhkan di kotak penalti oleh Sokratis Papastathopoulos. Penalti diambil sendiri oleh Salah. Bola tendangan Salah mengarah ke Leno, tapi kerasnya tendangan membuat bola tetap meluncur menggetarkan jala gawang Arsenal untuk membawa The Reds menjauh 4-1 saat babak pertama berakhir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA